Hikmah

 

Belajar Tawadhu' dari Mbah Hasyim Asy'ary

Siapa yang tidak kenal Hadratusy Syeikh Hasyim Asyari, terlebih kalau ia bagian dari nahdliyyin. Beliau adalah pendiri Nahdlatul Ulama yaitu sebuah organisasi massa Islam yang terbesar di Indonesia. Beliau merupakan putra dari pasangan Kyai Asyari dan Halimah, Ayahnya Kyai Asyari merupakan seorang pemimpin Pesantren Keras yang berada di sebelah selatan Jombang.

Keutamaan Berzikir Sampai Matahari Terbit

Keutamaan Berzikir Sampai Matahari Terbit

Mengungkap Mitos Menjelang Magrib

” Bahwasanya baginda nabi  Saw menyukai untuk menyudahkan waktu shalat isya, membenci tidur sebelumnya dan tidak suka (membenci)berbicara sesudah Isya”.(HR. Imam Bukhari: 599 dan Imam Muslim: 6 47) Di antara perkara lain yang di larang oleh baginda nabi yakni untuk tid

Belajar Dari Tukang Bangunan

Ada seorang pekerja bangunan yang telah bekerja beberapa tahun pada sebuah perusahaan. Hingga akhirnya ia pun memutuskan untuk keluar dari perusahaan karena faktor usia yang sudah menginjak tua.

Ustadz Ma'ruf Khozin: Menjawab Argumen Baru Kalimat 'Kullu'

Kullu dalam hadis "Kullu bid'atin dlalalah" (setiap bidah adalah sesat) tidak mencakup kepada makna keseluruhan. Penafsiran ini berdasarkan pendapat ulama ahli hadis dan fikih seperti Imam Nawawi dalam Syarah Muslim.

Rasulullah Pernah Memakai Batu Akik Yaman, Benarkah?

Hadis riwayat Imam Muslim yang menjelaskan bahwa cincin Rasulullah SAW terbuat dari perak dan batu mata cincinya berasal dari negeri Habasyi.

Absensi Kematian

Suatu hari Imam Ghazali yang bergelar Hujjatul Islam bertanya kepada murid-muridnya, Wahai murid-muridku, apakah yang paling dekat dengan kalian?, oleh muridnya dikatakan bahwa yang paling dekat adalah orang tua kami, saudara-saudara kami, orang-orang yang kami cintai dan mereka mencintai kami,

Keutamaan Memuliakan Anak Cucu, Ahlul Bait Nabi SAW

Ketahuilah wahai guru besar. Sesungguhnya istana yang sangat megah yang kau lihat dalam mimpi itu kepunyaanku. Itu sebagai hadiah kecil yang diberikan padaku karena aku telah menolong sang syarifah serta anak-anaknya.

Ayat Kursi #5: Wirid Terhindar dari  Kejahatan dan Godaan Setan Sepanjang Hari

Ayat Kursi #5: Wirid Terhindar dari  Kejahatan dan Godaan setan sepanjang hari

Ayat Kursi #4 : Wirid Masuk Rumah Baru Terhindar dari Setan

Ayat Kursi #4 : Wirid Masuk Rumah Baru Terhindar dari Setan