Islam Nusantara

 

Menyikapi Kondisi Terkini, Ini Wejangan Gus Yahya pada Ansor dan Banser

Menyikapi kondisi terkini dengan fitnah dan stigma negatif yang deras kepada Ansor dan Banser, mari simak wejangan dari Gus Yahya, Katib Aam PBNU.

Bicara Ekonomi Indonesia, Ini Isi Sambutan KH Ma'ruf Amin

Ekonomi syariah hadir secara resmi di Indonesia pada awal tahun 1990-an, yaitu bermula ketika didirikan bank Muamalat, lembaga keuangan syariah pertama di Indonesia.

Bid’ahkah Kemenyan? #3

Dari Asma binti Abu Bakar dia menyebutkan kepada keluarganya: Berilah uap kayu gaharu (ukuplah) pakaian aku apabila aku telah meninggal, taruhkan tabuth (pewangi jenazah) pada jasad aku. Janganlah kalian taburkan hanuth pada kafan aku dan juga janganlah menghampiri aku dengan membawa api”.

Kisah Perjuangan Pesantren Suryalaya Pertahankan NKRI dari Gerakan Radikal Kelompok Darul Islam

Bagaimana Abah Anom menanggapi harapan dari murid-murid Abah Sepuh? Apakah ia lalu memerintahkan para santri Pontren Suryalaya untuk mengantarkan kiriman-kiriman yang diperuntukkan Abah Sepuh? Jawabnya, “Tidak!”

Jika Takbir Mereka Untuk Membesarkan Nama Allah, Niscaya Tidak Akan Ada Saling Serang

Kalau memang mereka mengagungkan dan membesarkan Nama Nya, pasti tangan mereka tak akan menyakiti atau menyerang muslim yang lain.

Santri Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga Aceh Membeludak, Shalat Jamaahpun di Pinggir Jalan

Melihat fenomena ini tentunya area dan lingkungan dayah tersebut perlu perluasan terlebih membeludaknya santri baru yang memilih dayah yang

Simak "Nenek Tua dan Toa", Kisah Dakwah Penuh Hikmah khas Pesantren terkait Pengeras Suara

Romo kiai Ahmad Basthomi Zaini atau biasa disapa Gus Tom, pengasuh Pondok pesantren Mojosari, dalam kisah ini memberikan teladan tentang dakwah Islam yang terkait dengan pengeras suara adzan.

KH Mohammad Said Sang Kiai Low Profile, yang Jadi Delegasi Ulama ke Rusia

Pendiri Ponpes PPAI Ketapang, Kepanjen, Penggerak tentara Hisbullah, Rois Syuriah NU Cabang Malang, menjadi Ketua Misi Ulama se Jatim ke Moskow, Rusia, dan Karachi mewakili Partai NU wilayah Jawa Timur. Kiai Low Profile, yang Jadi Delegasi Ulama ke Rusia

Gus Dur: Islam Kaset dan Kebisingannya

Suara bising yang keluar dari kaset biasanya dihubungkan dengan musik kaum remaja. Rock ataupun soul, iringan musiknya dianggap tidak bonafide kalau tidak ramai.

“Nadoman Nurul Hikmah” : Pertemuan Islam dan Sunda

SALAH satu penanda nuansa religius Islam dalam kehidupan masyarakat Sunda bisa dilacak dari jejak langkah kearifan lokal yang telah diwariskan secara turun-temurun.

Menampilkan 521 - 530 dari 567 Islam Nusantara