Pesantren Al-Bidayah Jember

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD MTS/SMP
MA/SMA Maly/Univ.
Tahfidz Laboratorium
Poli Kesehatan Koperasi
Pesantren Al-Bidayah Jember

Profil
Pondok Pesantren Al-Bidayah termasuk di antara pondok pesantren yang berlokasi di area pusat kota Jember, tepatnya berada di jalan Moh. Yamin No.3b Tegal Besar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur. Secara historis, pendirian pondok pesantren al-Bidayah tanpa ada perencanaan layaknya lembaga-lembaga pada umumnya.

Berdasarkan penuturan langsung dari pendiri dan pengasuh saat ini, yakni Dr. KH. Abdul Haris, M.Ag, lahirnya Al-Bidayah berawal dari seorang mahasiswa STAIN Jember (kini UIN KHAS Jember) bernama Muhammad Iqbal asal Jambi yang ingin belajar kitab kuning kepada beliau yang saat itu telah menjadi dosen tetap di kampus tersebut. Tepatnya pada tahun 2003, kegiatan pembelajaran kitab kuning secara privat mulai bergulir. Seiring berjalannya waktu, jumlah santri yang belajar terus bertambah hingga pada akhirnya terbentuklah Lembaga Kajian Islam Al-Bidayah.

Mulai tahun 2007, Lembaga Kajian Islam Al-Bidayah secara resmi berubah nama menjadi Pondok Pesantren Al-Bidayah. Hingga Oktober 2021, santri yang bermukim di Pondok Pesantren Al-Bidayah berjumlah sekitar 360 santri yang berasal dari berbagai daerah dengan jenjang pendidikan mulai tingkat Tsanawiyah (MTs) hingga perguruan tinggi. Sejak berdiri dan hingga saat ini, Pondok Pesantren Al-Bidayah hanya menyediakan pendidikan keagamaan bersifat nonformal, sedangkan pendidikan formal para santri ditempuh di sekolah dan perguruan tinggi di luar pesantren.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.