Artikel Keluarga

 

Gus Baha: Istri itu Bukan Mahram, kalau Mahram tidak Boleh Ditiduri

Orang yang tidak boleh dinikahi oleh para ahli Fiqh disebut mahram, ciri utamanya adalah bila dipegang tidak membatalkan wudhu. Jadi jika seseorang masih dalam keadaan menjaga wudhu lalu ia menyentuh bibinya atau keponakannya, maka hal tersebut tidak membatalkan wudhu.

Istri itu Ibarat Nasi, Sedangkan Bidadari Surga itu Ibarat Snack

Dikisahkan, Al Habib Husain Alydrus Pethekan Semarang saat itu beliau berusia 60 tahun dan belum menikah, beliau masih memutuskan untuk tetap sendiri sampai pada tahun 1985, ketika beliau menghadiri undangan Aqdun Nikah di rumah KH. Muhajir Madad Salim, Di Demak Jawa Tengah. Saat itu keluarga Kyai Muhajir sedang menikahkan kakak tertuanya.

Sikap Rasulullah SAW Kepada Pasangan yang Ngambek

Ketika sepasang manusia memilih untuk memadu kasih bersama, pastinya halangan dan rintangan pun akan menerjang langkahnya. Ketika ego dari masing-masing pasangan diuji, dan dilebur jadi satu dalam bungkus pengorbanan dan cinta. Namun terkadang masihlah ada sisa ego tersebut yang meluap menjadi amarah dan nafsu.

Hindari Doa Buruk Orang Tua Kepada Anak

Kadang kala saat emosi tak tertahan, secara tidak sadar orang tua mengucapkan sumpah serapah kepada anaknya. Atau ketika tertekan dengan beratnya kehidupan dan melihat kenakalan anak, tanpa sadar anak menjadi pelampiasan. Padahal dalam Islam ada larangan menyumpahi anak.

Dilema, Patuh Perintah Orang Tua atau Suami?

Syukron ustad, ini langsung saya berikan contoh. Seorang istri diajak suami ununtuk mengontrak rumah sedangkan ibunya si istri tidak mengijinkan. Pertanyaannya, si istri apa harus ikut perintah suami atau mengikuti ibunya sendiri? Terima kasih ustad.

Bila Anak Tidak Lagi Dengar Nasihat Orang Tua, Baca Amalan Ini

bagi orang tua yang sekiranya dalam proses mengasuh, mendidik dan membesarkan anak-anaknya dinilai tidak sesuai dengan tabiat yang kita kehendaki, Habib Ali bin Muhammad bin Husein Al-Habsyi memberikan amalan khusus yang harapannya tabiatnya bisa berubah. 

Waspadalah Usia Mendekati 40 Tahun

Laduni.ID Jakarta - Allah Ta'ala pernah menyinggung di dalam Al-Qur'an tentang usia ini, supaya menjadi perhatian serius ketika anda mulai mendekatinya:

Nasihat Penting Untuk Para Istri

Dalam kitabnya yang berjudul "Kitabun Khasshun Lil al-Mar'ah" pada bab "al-Nashaih" (Nasihat-nasihat), al-Sayyid Muhammad Bin Alawi al-'Idrus memberikan nasihat-nasihat terbaiknya kepada kaum wanita yang seharusnya dilakukan terlebih di zaman akhir ini.

Sulung Yang Sering Kubentak

Terlalu banyak hutang pengasuhan yang belum kubayar untuk si sulung. Ketika aku berusaha secepatnya membayar lunas hutang uang pada siapapun, tidak begitu dengan hutang pengasuhanku pada si sulung.

Hakikat Anak Shalih

Tanda-tanda anak yang shalih bisa dilihat bagaimana ia memperlakukan kedua orang tuanya dengan baik, tidak pernah membantahnya, meski kedua orang tuanya tidaklah pandai. Dan masih banyak lagi tanda anak yang shalih, sebab kata shalih itu sangat luas maknanya dan sulit diterjemahkan.