Pesantren Terpadu Al Mumtaz Gunungkidul

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Terpadu Al Mumtaz Gunungkidul

Profil
Pesantren Terpadu Al Mumtaz berdiri pada tanggal 15 Juli 2012 dan diresmikan oleh Kakanwil Kemenag DIY. Pondok pesantren Terpadu Al Mumtaz didirikan oleh Mohammad Khoeron Marzuki. Beliau lahir di Blitar, pada 7 Februari 1972.

Berdirinya yayasan Al-Mumtaz sebenarnya tidak dapat dipisahkan dari keprihatinan para pendiri terhadap perkembangan bangsa Indonesia. Indonesia merupakan negara berpenduduk islam terbesar di dunia, namun masih termasuk negara ketiga, negara yang sepenuhnya belum maju. Mengingat 80% penduduk Indonesia beragama Islam maka mayoritas generasi mudanya adalah generasi muda Islam, yang nota bene merekalah yang akan memegang estafet kepemimpinan dan perjuangan Islam ke depan.

Namun apa yang kita saksikan sekarang begitu banyaknya para remaja yang mengalami pengangguran, tidak jelas masa depannya, dan memprihatinkan akhlaknya. Kondisi ini akan semakin membahayakan kalau tidak diantisipasi dan dipersiapkan dengan baik, sistematis, dan serius. Kemiskinan dan kebodohan merupakan masalah terbesar bangsa ini, oleh karena itu yayasan Al-Mumtaz berdiri untuk meyejahterakan orang-orang yang tidak mampu (dhuafa) dan menjadikannya orang yang maju dalam bidang pendidikan maupun bidang perekonomian.

Oleh karena itu yayasan al mumtaz mendirikan Panti Asuhan "Miftahunnajah" untuk menampung anak-anak yatim piyatu dan kaum dhuafa. Sekaligus mendirikan Pondok Pesantren Al Mumtaz sebagai penggemblengan keagamaan dan akhlakul karimah.Dan untuk menunjang kemajuan dilandasi dengan IT dan Entrepreneur (Wirausaha). Dengan itu dijabarkan dalam pelaksanaan pembinaan yayasan ini dengan mengacu pada empat pilar utama, yaitu:
1.    Pendidikan agama yang kuat.
2.    Penguasaan bahasa asing (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris)
3.    Akhlaqul Karimah
4.    Kewirausahaan dan Penguasaan IT (Informasi Teknologi)
Dari empat pilar itulah kami berharap alumni Panti Asuhan Miftahunnajah sekaligus Pesantren Al Mumtaz mampu memperbaiki nasib dengan menjadi pengusaha yang tangguh dengan dasar prinsip Islam. Berani bersaing di tingkat lokal, nasional, maupun internasional dengan bekal penguasaan IT, bahasa dan tentu Aqidah Islamiyah yang mantap.

            Dengan demikian bangsa Indonesia khususnya umat Islam mampu ambil bagian dalam segala aspek kehidupan baik percaturan teknologi ataupun ekonomi. Bukan menjadi umat yang riuh tepuk tangannya namun tetap berada dipinggir gelanggang sebagai penonton dan bukan sebagai pemain.
 
            Inilah langkah nyata yang sudah kami mulai, namun hal ini masih sangat panjang jalan yang kita tempuh banyak bukit yang akan kita daki bayak liku yang kita lewati. Dengan pertolongan A llah SWT semua jalan, bukit dan liku dapat dilalui dengan harapan ridho Ilahi selalu menyertai perjalan kita.

Landasan :
Panti AsuhanMiftahunnajah dan Pondok Pesantren Al Mumtaz berlandaskan kepada Al Quran dan Hadits sebagai pegangan hidup bagi kaum muslimin sekaligus berlandaskan UUD 1945 dan Pancasila sebagai filosofi kebangsaan. Dengan landasan tersebut di atas Panti AsuhanMiftahunnajah dan Pondok Pesantren Al Mumtaz memiliki cita-cita mulia ingin mengentaskan sebanyak-banyaknya umat dari kemiskinan dan keterbelakangan yang mampu memberikan andil ke dalam melanjutkan perjuangan para pendiri negara tercinta Republik Indonesia.

Pengasuh
KH. Mohamad Khoeron Marzuki, S.Ag

Pendidikan
Pendidikan Formal :
1. RA Al Mumtaz Gunungkidul
2. MI Al Mumtaz Gunungkidul
3. MTS Al Mumtaz Gunungkidul
4. MA Al Mumtaz Plus

Pendidikan Nonformal :
1. TPQ
2. Madrasah Diniyah
 
Ekstrakurikuler
  1. Tahfidz     
  2. Drum band 
  3. Beladiri        
  4. Hadrah 
  5. Bahasa Arab 
  6. Batik 
  7. Tata Boga
  8. Menjahit
  9. Pramuka 
  10. Pidato 4 bahasa
  11. Beladiri
  12. BTHA(Baca Tulis dan Hafal Al-Qur'an)
  13. Olahraga
  14. Pelatihan Komputer
  15. Enterpreneur/Kewirausahaan: Tata Boga : Roti dan Abon, Air Mineral, Deterjen


Mutholaah kitab kuning di Pesantren Terpadu Al Mumtaz


Pelatihan komputer di Pesantren Terpadu Al Mumtaz

Fasilitas
  1. Gedung milik sendiri
  2. Madrasah bernuansa alam
  3. Gedung pertemuan
  4. Masjid
  5. Asrama
  6. Rumah produksi
  7. Perpustakaan
  8. Lapangan
  9. Laboratorium
  10. Minimarket
  11. BLK


Masjid di Pesantren Terpadu Al Mumtaz


Perpustakaan di Pesantren Terpadu Al Mumtaz

Alamat
Jl. Jogja Wonosari - Jogja Km. 25, Kerjan, Beji, Patuk, Gunungkidul,  Yogyakarta  
Kode Pos: 55862,
Telepon: (0274)7474-309, 0858-7828-4138, 0856-4298-7868, 0878-8064-5646

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.