Pondok Pesantren Darussalam Surabaya

 
Pondok Pesantren Darussalam Surabaya

Profil

Pondok  Pesantren Darussalam Keputih Sukolilo Surabaya merupakan  Pesantren yang didirikan dan diasuh pertama kali oleh (Alm) Almaghfurlah KH. Abdus Syakur Ibrahim bersama Istri Beliau Nyai Hj. Zuhro  Ahmad.  Sejak sekitar tahun 1990, Almarhum sudah  sering diminta  memberikan  pengajian-pengajian pada masyarakat di Kelurahan Keputih Sukolilo Surabaya dan sekitarnya.
 
Saat itulah menjadi cikal bakal berdirinya Pesantren Darussalam ini secara  bertahap. Seiring dengan perkembangannya,  Pesantren yang lahannya berbatasan dengan kampus ITS dan Masjid As-Sa’adah Keputih Sukolilo Surabaya ini, telah memiliki badan hukum resmi baik secara Akta Notaris serta pengawasan Kemenag hingga legalitas Kemenhumham.
 
Pesantren  yang  berhaluan  Ahlus Sunnah Wal Jama’ah ini, sudah cukup banyak mengeluarkan Alumni dari tahun ke tahunnya. System pedidikan yang dilakukan pada saat itu belum begitu terstruktural. Dahulu sebagian  besar  telah  mendidik  santri  dengan  latar  belakang   mahasiswa yang kuliyah di sekitar Pondok Pesantren Darussalam Keputih, seperti ITS,  PENS,  UNAIR,  STIKES, UIN dan kampus-kampus lainnya di Surabaya (khususnya Surabaya Timur). Dalam perkembangannya, kini Ponpes Darussalam Keputih Surabaya telah melaksanakan pendidikan Diniyah secara berjenjang klasikal.
 
Seiring dengan Proses  Pembangunan  yang masih    terus   berlangsung di Ponpes Darussalam ini,  selain mahasiswa yang menjadi santri didikan Pesantren Darussalam keputih ini, pada tahun Ajaran 2015-2016 Ponpes Darussalam khususnya Madrasah Diniyah mulai  menerima  santri   baru   dengan berbagai jenjang sekolah Dasar dan Menengah untuk bisa mengikuti pengajian khusus Diniyah dan Umum.
 

Pondok pesantren Darussalam Keputih, merupakan pondok pesantren semi-modern yang memiliki sejarah perkembangan yang cukup panjang. Berawal dari sebuah impian seorang alim ulama’ al-‘Arif billah K.H Nur Fadhil, hingga akhirnya dapat direalisasikan oleh cucu beliau dan mengalami perkembangan yang pesat di tangan cicit beliau hingga saat ini.

Cikal bakal berdirinya pondok pesantren ini, tidak lepas dari peran dan kiprah K.H Nur Fadhil. Beliau adalah seorang petani yang juga mengabdikan diri sebagai penerus perjuangan para Nabi dan Wali Allah dalam menyebarkan ilmu agama, sebagaimana para leluhur beliau. Didukung oleh seorang istri sholehah bernama Muzayyanah, beliau memulai perjuangan di sebuah musholla sederhana yang berada di daerah Keputih.
 
Seiring berjalannya waktu, masyarakat semakin tahu akan kealiman dan ketawadhuan beliau, maka semakin banyaklah murid yang menimba ilmu di musholla yang sekarang bernama musholla Nur Fadhil tersebut. Melihat tekad dan semangat murid-murid beliau, maka terbersitlah keinginan untuk memberikan pengajaran (ta’lim) dan pendidikan (tarbiyah) yang lebih maksimal, dengan cara mendirikan lembaga dengan sistem pengajaran yang lebih dari sekedar sistem sorogan, yang mampu menaungi murid-murid beliau sesuai dengan kapasitas dan kemampuan yang berbeda-beda. Maka, terbentuklah YAPITA pada tahun 1950-an yang hingga kini masih dan akan terus berdiri tegak.

Pengasuh
  1. KH. Abdus Syakur Ibrahim
  2. Nyai Hj. Zuhro  Ahmad


Pendidikan
Pendidikan Formal:
SMP dan SMA YAPITA

Pendidikan non Formal
Madrasah Diniyah

Fasilitas

  1. Gedung Asrama Pesantren 3lantai
  2. Mushallah Asrama
  3. Kamar Mandi
  4. Ruang Kelas Pengajian
  5. Perpustakaan 
  6. Ruang Tamu
  7. Area Parkir Santri
  8. Area Olahraga
  9. Listrik dan Air PDAM
  10. Dilengkapi CCTV
  11. Kitab-Kitab Pengajian
  12. Dekat dengan Masjid
  13. Dekat dengan Pusat Pasar dan Swalayan
  14. dan lain-lain



Ekstrakurikuler

  1. Shalat Berjama'ah
  2. Shalat Tahajjud
  3. Tahfidz Al-Qur'an
  4. Pengajian Diniyah
  5. Pengajian Umum
  6. Pengajian Muslimah
  7. Istighasah
  8. Khatmil Qur'an Ahad Legi
  9. Orientasi Ponpes (OP2)
  10. Muraja'ah
  11. Khithabah
  12. Maulid Diba'iy
  13. Bahtsul Masail
  14. Qiraatul Kutub
  15. Olahraga 
  16. Kerja Bakti (Ro'an)
  17. Kuliah / Sekolah 
  18. Majlis Ilmu
  19. Ziarah Maqbarah
  20. Pekan Maulid
  21. Pondok Ramadhan
  22. I'tikaf Pesantren
  23. Ikatan Santri (INSAN) Darussalam 
  24. dan lain-lain



Alamat
Jl. Arif Rahman Hakim No 09 Keputih, Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur 
Kode Pos:60111

Telepon: (031) 5932378
              0877-3894-6046 (Ust. Alif)
              0822-3232-9429
Email:  psbdarussalamkeputih@gmail.com
            darussalamkeputih@gmail.com

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi https://www.darussalamkeputih.com

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

 

 

 

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.