Ziarah di Makam Sunan Nyamplungan, Pendakwah Islam di Pulau Karimunjawa

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam Sunan Nyamplungan, Pendakwah Islam di Pulau Karimunjawa

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Sunan Nyamplungan beliau adalah ulama penyebar agama islam di Pulau Karimunjawa, dari Kabupaten Jepara beliau menyeberangi lautan untuk mengemban tugas ayah beliau Sunan Muria untuk berdakwah dan mengenalkan agama islam di kepulauan Karimunjawa.

Profil
Sunan Nyamplungan yang bernama asli Amir Hasan. Beliau adalah putra Sunan Muria yang sejak kecil agak dimanjakan oleh ibundanya Dewi Sujinah, sehingga perilakunya cenderung nakal. Amir Hasan dititipkan kepada pamannya, Sunan Kudus, dengan harapan perilakunya berubah dan itu menjadi kenyataan karena kemudian beliau menjadi sosok pemuda yang sangat taat.

Guru-guru beliau di antaranya:

  1. Sunan Kudus
  2. Sunan Muria

Lokasi Makam
Menyeberang dulu dari pantai Kartini Jepara naik kapal penyebrang ke pulau Karimunjawa. Makam Sunan Nyamplungan terletak sekitar 7 km sebelah Utara pulau Karimun. Makam Sunan Nyamplungan ini berada di atas bukit, menuju ke sana bisa ditempuh dengan mobil, nanti parkir di satu tempat, terus jalan naik tangga puluhan biji, sampai ke situs komplek makam Sunan Nyamplungan.

Haul
Haul Sunan Nyamplungan diperingati pada bulan Dzulhijjah, haul beliau di peringati di lokasi Makam Syech Amir Hasan, Sunan Nyamplungan Karimunjawa.

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani
1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah
Makam Sunan Nyamplungan banyak dikunjungi para peziarah. Tak hanya datang dari wilayah Karimunjawa saja. Banyak peziarah yang datang dari luar Pulau Karimunjawa dan bahkan dari luar kota. Komplek Makam Sunan Nyamplungan terletak di Pulau Karimujawa, Kabupaten Jepara.

Ada keyakinan dari masyarakat yang datang ke sana bahwa dengan berziarah dan berdoa di makam Sunan Nyamplungan, maka segala keinginan pasti akan terkabul. Bahkan bagi beberapa kalangan, mereka meyakini bahwa karomah dari Sunan Nyamplungan bisa meningkatkan derajat, diberi kemudahan dalam mencari mata pencaharian. Selanjutnya bagi para pedagang, berdoa di makam ini konon adalah jaminan kesuksesan dalam usaha yang dijalankannya.

Oleh-oleh
Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Karimunjawa di antaranya:
Batik Kartini, Kayu Langka Setigi, Kayu Dewandaru, Kayu Kalimasada, Kerajinan Kerang Jepara, Kaos Karimunjawa, Ikan Asin Khas Karimunjawa,   Tempong Atau Blenyik
   

  .