Pesantren Al-Huda Jetis Kebumen

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP1
MA/SMA2 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Al-Huda Jetis Kebumen

PROFIL

Pesantren Al-Huda adalah perpaduan antara salaf (tradisional) dan kalaf (modern) maka dibangunlah beberapa sekolah formal, di antaranya SMP VIP Al-Huda, SMK VIP Al-Huda dan SMA VIP Al-Huda. Hingga saat ini terdapat ribuan santri baik putra maupun putri yang berasal dari berbagai penjuru Indonesia. Pesantren Al-Huda saat ini diasuh oleh KH. Wahib Mahcfudz dan KH. Yazid Machfudz. Pesantren Al-Huda terletak di Dukuh Jetis, Desa Kutosari, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.

Lokasinya sangat setrategis karena terletak di jantung kota Kebumen, pondok pesantren ini juga berdekatan dengan beberapa tempat pendidikan formal, seperti SMP, SMA, SMK dan Perguruan Tinggi, masjid Agung dan pusat pemerintahan kabupaten Kebumen.

Sejarah

Sebelum mempunyai nama Al-Huda, Pondok Pesantren di Jetis Kutosari ini lebih dikenal dengan sebutan Pondok Pesantren Jetis. Didirikan kurang lebih tahun 1880 Masehi oleh K.H. Abdurrahman. Semasa kecil beliau bernama Solihin, berasal dari desa Gebrek Ambal Kebumen. Beliau diberi tugas menggembala kerbau oleh pamannya selama bertahun-tahun.

Pada suatu hari salah satu kerbau gembalaannya ada yang hilang, beliau dimarahi oleh pamannya dan dituntut harus mencari sampai ketemu. Akhirnya beliau mencari sampai ke pesisir laut. Karena kerbaunya tidak ketemu, beliau kebingungan, tidak berani pulang dan menangis sambil berjalan terus ke arah timur. Orang tuanya sangat sedih dan menganggap putranya yang bernama Solihin itu telah meninggal dunia dimangsa binatang buas. Selama berhari-hari beliau berjalan kaki ke arah timur dan akhirnya beliau sampai di Pondok Pesantren Wringin Agung Jawa Timur. Beliau mengaji di sana hingga dewasa dan menjadi Al-‘Alim Al-‘Alamah.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.