Pesantren Nurul Athfal Pemalang

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Nurul Athfal Pemalang

Profil
Di awali oleh seorang santri dari kota Kendal yang sebelumnya menjadi murid Kyai Syukri ketika masih nyantri di Pondok Pesantren Abul Faid Blitar, Jawa Timur, Kemudian mengikuti Kyai Syukri ke rumah di kampung halaman untuk menimba ilmu dari beliau secara khusus. Dengan bertahap dan pasti Kyai Syukri mulai membuka pengajian bagi masyarakat desa Pesantren sendiri atau yang biasa di kenal dengan santri kalong,  yang makin hari kian bertambah banyak, ditambah lagi dengan kedatangan para santri dari luar ( Santri muqimin ) yang semakin banyak mereka datang dari berbagai kota diantaranya : Jepara, Demak, Kendal, Batang, Pekalongan, Pemalang, Tegal, Brebes, Cirebon, Jakarta, Sumatra, bahkan dari negeri jiran Malaysia.

Setelah jumlah santri semakin hari semakin bertambah, kemudian K.H. Syukri dan mertua beliau K.H. Marfu’ mulai berfikir untuk mendirikan Pondok Pesantren. Sebagai salah satu sarana penunjang belajar mengajar, berkat pertolongan Allah  pada tahun 1967 ide besar itu pun terwujud dan Pondok Pesantren itu di beri nama Pondok baru Putra Putri Nurul Athfal. Di tambah dengan kalimat Baru karena tafa’ul ( mengharapkan barokah ) kepada Pondok Baru Sirojul Mukhlisun Payaman, Magelang, di mana K.H. Syukri menuntut ilmu di sana.

Sejak saat itu Pondok Pesantren Nurul Athfal, semakin berkembang pesat, seiring dengan perkembangan tersebut Nurul Athfal berusaha untuk memperbaiki sistem pendidikan dengan sistem klasikal guna menciptakan proses belajar mengajar yang berkualitas. Perkembangannya pun tidak hanya padsa pendidikan saja, melainkan pembangunan fisik Pondok Pesantren Nurul Athfaljuga semakin meningkat pesat. Hal ini dibuktikan dengan adanya pembangunan gedung baru yang digunakan untuk madrasah dan asrama santri di lokasi Pomdok Pesantren bagian Timur, hal ini dilakukan untuk menampung santri yang kian hari kian bertambah banyak.

Pendidikan
Pendidikan Formal: 

1. Madrasah Tsanawiyah
2. Madrasah Aliyah


Pendidikan Informal: 
1) Madrasah Diniyah( Awaliyah, Wustho, ‘Aliyah, Takhosus, dan Pendidikan Keterampilan )
2) Tahfidz Alqur'an
3) Majelis Taklim
4) Mujahadah
5) Kepesantrenan


Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
1. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf)
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha

Keorganisasian
IPNU/IPPNU
OSIS
ISNA ( Ikatan Santri Nurul Athfal )
ISTANA
PERSAPES
INSAN TIMUR

Alamat
Dukuh Pesagaran, Desa Pesantren Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.