Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Gagal, Berhenti atau Coba Hal Lain ?

 
Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Gagal, Berhenti atau Coba Hal Lain ?

Assalamu’alaikum mbak Nur,
Mohon pencerahannya dong mbak, ketika kita gagal di satu bidang usaha, apakah kita harus berhenti dulu atau mencoba bidang usaha yang lain ? Terima kasih atas pencerahannya.
Wa’alaikumsalam wr wb.
Faisal - Semarang


Tanggapan :
Wa’alaikumsalam Faisal di Semarang.
Saat kita menjalankan satu usaha dan kemudian gagal, pasti muncul perasaan sedih, kecewa, dan mungkin juga trauma. Muncul keraguan, apakah akan dilanjutkan di bidang yang sama ataukah akan mencoba bidang yang lain. Sebaiknya sebelum mencoba bidang yang lain, lebih baik dievaluasi terlebih dahulu penyebab kegagalan yang telah lalu. Coba menganalisa faktor-faktor apa saja yang membuat tidak berhasil, apakah kurang pengalaman, kurang memahami konsumen, terlalu mudah percaya orang lain, kurang modal, tidak bisa mengatur uang, dan sebagainya.

Setelah bisa memetakan beberapa faktor, barulah kita mencoba belajar untuk mengatasi hal-hal yang bisa menjadi pemicu kegagalan di kemudian hari. Selalu ada hal-hal baru yang harus kita pelajari terus-menerus baik di dalam kehidupan termasuk menjalankan bisnis atau usaha. Termasuk kita juga harus bisa jeli melihat apakah masih harus bertahan di bidang usaha yang sama atau sudah saatnya berpindah ke bidang usaha lain yang lebih berprospek bagi kita. Kita juga harus ingat, ketika kita gagal selalu ada pembelajaran dari kegagalan kita, pelajari dan evaluasi penyebab kita gagal, kemungkinan kita dapat mengatasi permasalahan yang mungkin akan muncul di kemudian hari jika kita tetap meneruskan di bidang yang sama.

Apabila kita memilih memulai usaha yang baru, harus juga memetakan hal-hal yang harus kita pelajari sebelum memulai usaha yang baru dan antisipasi kemungkinan kegagalan. Bangkit dari kegagalan berarti kita sudah naik satu tahapan kehidupan karena adanya pembelajaran yang kita peroleh, namun memulai yang baru berarti kita juga harus memulai dari nol.

Coba mas Faisal membuat satu pertimbangan atau menuliskan keuntungan dan kerugian jika kita melanjutkan usaha dan keuntungan dan kerugian memulai yang baru. Jangan lupa tanyakan hati mas Faisal, lebih mantap yang mana. Jika kesulitan, lakukan shalat Istiqarah dan tahajud untuk memohon petunjuk pada Allah. Semoga dapat memberikan pencerahan kepada mas Faisal. Tetap semangat ya, karena hidup itu adalah perjuangan.
 

Wassalamu’alaikum wr wb.

Salam Hormat

Nur Chasanah, S. Psi

Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun