Perkembangan Robot Canggih 5 Tahun Terakhir, Bagaimana Moral dan Agama akan Berperan?

 
Perkembangan Robot Canggih 5 Tahun Terakhir, Bagaimana Moral dan Agama akan Berperan?

Laduni.id, Jakarta, 5/8/2018. Di era disruption teknologi ini, perkembangan robot telah sedemikian pesatnya dengan adanya lompatan teknologi di bidang Artificial Intelligence, Printing 3D, dan memori penyimpanan. Laduni.id mencoba memberikan perkembangan teknologi robot terkini pada lima tahun terakhir dari beberapa sumber, semoga mampu memberikan sinyal perlunya sentuhan moral dan agama pada perkembangan teknologi ini.

2013
Geminoid DK, Eropa

Geminoid DK adalah doppelganger (perwujudan) dari Profesor Scharfe, seorang profesor di Aalborg University di Denmark dalam bentuk robot. Ini adalah pekerjaan Profesor Hiroshi Ishiguro yang memutuskan untuk membuat robot ini di Eropa dan sama seperti kreasi humanoid lainnya, robot yang satu ini juga terlihat sangat mirip dengan manusia secara nyata yang diperkenalkan pada awal 2013.
Geminoid DK

 

2014
Toshiba, Jepang
Toshiba yang bekerja sama dengan aLab Inc, Universitas Osaka, Shebaura Institute of Technology telah mengembangkan humanoid yang mengesankan ini. Robot yang diperkenalkan di CEATEC Japan 2014 ini memiliki penampilan seperti manusia yang mencolok, robot cerdas lebih dari asisten untuk orang tua yang memerlukan bantuan. Robot dapat menggerakkan kepalanya, membuat ekspresi wajah, dan memulai percakapan dalam bahasa isyarat. Toshiba berencana untuk mengintegrasikan banyak teknologi canggih dan berguna lainnya untuk menciptakan versi komersial yang lebih baik.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN