Aji Saka: Sejarah Asal Mula Aksara Jawa

 
Aji Saka: Sejarah Asal Mula Aksara Jawa
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Cerita asal mula Aksara Jawa merupakan kisah cerita rakyat di Jawa, yang diambil dari buku yang berjudul Cerita Rakyat Nusantara, buku tersebut diciptakan oleh Dian K, illustrator buku tersebut adalah Yol Yuhanto dan Aji Meis, adapun penerbit dari buku Cerita Rakyat Nusantara adalah PT. Buana Ilmu Populer (kelompok Gramedia).

Cerita Asal Mula Aksara Jawa sendiri bercerita tentang kisah seorang pemuda bernama Aji Saka dengan dua punggawa yang bernama Dhora dan Sembadha, serta Prabu Dewata Cengkar yaitu seorang prabu yang gemar memakan daging manusia yang berawal karena seorang juru masak kerajaan tidak sengaja terpotong jarinya dan masuk kedalam masakan, lalu masakan itu dimakan oleh Prabu Dewata Cengkar. Suatu ketika Aji Saka menantang agar Prabu Dewata Cengkar memakan Aji Saka tetapi dengan syarat Prabu Dewata Cengkar harus memberi tanah seluas panjang surban yang diikatkan di leher Aji Saka.

Prabu Dewata Cengkar pun memenuhinya, ia mengukur dengan cara menarik kain surban Aji Saka, tetapi dengan kekuatan Aji Saka kain selendang itu memanjang hingga mencapai ke tepian laut Pantai Selatan, lalu Aji Saka menghempaskan Prabu Dewata Cengkar ke tengah-tengah laut Pantai Selatan tersebut, dan secara tiba-tiba Prabu Dewata Cengkar berubah menjadi seekor buaya putih.

Setelah menang melawan Prabu Dewata Cengkar, Aji Saka pun menjadi raja di Negara Madhangkamulan, Aji Saka yang pernah menitipkan Keris Pusakanya...

Dapatkan akses fitur artikel biografi dan chart geneology/ silsilah di Laduni.id secara berlangganan untuk mendukung keberlanjutan dan pengembangan Laduni.id.

Masuk ke Laduni
 

 
 

Silakan menyampaikan komentar, testimoni, pengalaman terhadap beliau.

Memuat Komentar ...