Sejarah Singkat Kerajaan Demak: Mulai Berdiri hingga Perpindahan Pusat ke Pajang

 
Sejarah Singkat Kerajaan Demak: Mulai Berdiri hingga Perpindahan Pusat ke Pajang
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Demak adalah kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa dan didirikan oleh Raden Patah, pada awalnya adalah sebuah wilayah dengan nama Glagah atau Bintoro yang berada di bawah kekuasaan Majapahit. Majapahit mengalami kemunduran pada akhir abad ke-15. Kemunduran ini memberi peluang bagi Demak untuk berkembang menjadi kota besar dan pusat perdagangan. Dengan bantuan para ulama Wali Sanga, Demak berkembang menjadi pusat penyebaran agama Islam di Jawa dan wilayah timur Nusantara.

Raden Patah pada masa sebelum mendirikan Kerajaan Demak terkenal dengan nama Pangeran Jimbun, setelah naik takhta bergelar Sultan Alam Akbar Al-Fatah dan bertahta antara tahun 1500-1518. Menurut Babad Tanah Jawa, Raden Patah adalah putra Brawijaya V (Raja Majapahit terakhir) dengan putri dari Campa yang menurut prasasti bernama Dewi Kianwhie yang juga merupakan bibi dari Sunan Ampel.


Silsilah kerajaan Demak

Pada masa pemerintahan Raden Patah, Demak berkembang pesat dengan memperkuat armada lautnya, sehingga Demak berkembang menjadi negara maritim yang kuat. Atas kehadiran Portugis di Malaka yang mengganggu kepentingan Demak dengan dibantu oleh Sultan Aceh dan Sultan Palembang, kerajaan Demak kemudian melakukan penyerangan Portugis.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN