Tingkatkan Nilai Jual, Mahasiswa Undip  Ciptakan Masker dari Kopi 

 
Tingkatkan Nilai Jual, Mahasiswa Undip  Ciptakan Masker dari Kopi 

LADUNI.ID,Temanggung-Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata dari Universitas Diponegoro Semarang berhasil menciptakan masker yang terbuat dari kopi. Masker tersebut diberi nama Bmask Coffee (Bejen masker kopi). Menurut Koordinator KKN  Bagas Andriyanto Pembuatan masker dari kopi tersebut bertujuan untuk meningkatkan nilai jual kopi yang selama ini hanya diolah dalam bentuk biji kopi. 

Hal ini terlihat dalam Bejen Expo di Bukit Kembang Arum Temanggung. Expo ini merupakan kegiatan puncak 14 desa stand, tujuan expo sbg wadah mahasiswa bagaimana mahasiswa memamerkan potensinya masing-masing sehingga dinas terkait dapat melihat potensi program unggulan dari desa. 

Menurut Bagas dirinya bersama teman-temannya melakukan beberapa program unggulan di antaranya pendampingan Wanawisata Desa Kemuning, Masker kopi di desa bejen. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan selama seminggu setelah penurunan mahasiswa KKN TIM II UNDIP di Kec. Bejen, mahasiswa KKN Undip yang berkesempatan untuk mengabdi di desa Bejen.

“Di sini kami mendapati bahwa kopi menjadi potensial utama pertanian yang ada walaupun di dukung oleh hasil pertanian lain seperti cengkeh, cabai, jambu dan lain lain” ujar Bagas sebagaimana dilansir situs Undip

Selain itu timnya juga menemukan di lapangan bahwa pemanfaatan dan pengolahan kopi di desa ini belum maksimal. Pasalnya Pengolahan hasil kopi yang dilakukan selama ini masih sebatas dalam bentuk biji saja tanpa ada pengolahan dalam bentuk lain.

“Melihat potensi ini, mahasiswa kkn undip di desa Bejen melihat sebuah peluang untuk menciptakan nilai tambah dari kopi itu sendiri,” imbuhnya 
Kemudian kata Bagas Mahasiswa KKN Undip kemudian membuat sebuah resolusi yaitu dengan menciptakan masker kopi yang diberi label Bmask Coffee (Bejen masker kopi). Namun lanjutnya Mahasiswa KKN Undip terlebih dahulu memberikan sosialisasi mengenai kopi serta manfaatnya. 

“Mahasiswa KKN juga mengadakan pelatihan tentang tata cara pengolahan biji kopi menjadi bubuk kopi dan langkah-langkah pengaplikasianya menjadi masker wajah,” imbuhnya.