Cuaca Panas, Beberapa Jamaah Haji Barito Selatan Mengalami Dehidrasi dan Kelelahan

 
Cuaca Panas, Beberapa Jamaah Haji Barito Selatan Mengalami Dehidrasi dan Kelelahan

Pelaksanaan haji pada tahun ini dihadapkan pada kondisi cuaca yang panas. Tidak jarang, ada jama'ah haji yang mengalami kelelahan dan kekurangan cairan (dehidrasi). Diantaranya dialami oleh jamaah haji Kabupaten Barito Selatan, dan tiga kabupaten lainnya di Kalimantan Tengah yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 8 .

"Secara umum alhamdulilah dalam keadaan sehat, namun ada beberapa jamaah yang mengalami dehidrasi, dan kelelahan," kata dokter kloter 8, Mas'ud ketika dihubungi melalui Whatsapp, Kamis (23/8) sebagaimana dilansir oleh Republika

Ia mengatakan, dehidrasi dan kelelahan yang dialami beberapa orang jamaah haji tersebut akibat suhu yang cukup panas. "Jamaah haji yang mengalami dehidrasi, dan kelelahan itu dirawat di kemah Mina Kloter 8," ucap Mas'ud yang juga pimpinan Puskesmas Kecamatan Gunung Bintang Awai, Kabupaten Barito Selatan itu.

Ketua Kloter 8, Arbaja ketika dihubungi mengatakan, saat jamaah Kloter 08 telah menyelesaikan melempar jamarat hari ke 12. "Jadi tinggal melempar jamarat hari ke-13 yang jadwalnya akan dilaksanakan pada Jumat, 24 Agustus 2018 dini hari pada pukul 01.40 Waktu Arab Saudi (WAS)," ucapnya.

Menurut dia, pada hari yang sama mulai pukul 08.00 WAS, jamaah haji akan kembali ke pemondokan 501 Marjanat Al Aseel Mahbas Jin di Makkah untuk selanjutnya  melaksanakan rukun haji thawaf ifadhah serta sa'i untuk menyelesaikan seluruh rukun haji. 

"Kemudian, pada awal September, jamaah haji akan menuju Madinah untuk melaksanakan arbain," katanya.

Setelah it, pada 10 September 2018 sekitar pukul 07.30 Waktu Arab Saudi, jamaah haji kloter 8 akan meninggalkan Madinah. Pada 11 September 2018 sekitar pukul 01.20 WITA, jamaah haji sudah berada di tanah air atau di Debarkasi Haji Banjarmasin.

"Kita berharap doa dari seluruh masyarakat di tanah air khususnya di Barito Selatan, dan tiga kabupaten lainnya agar calon jamaah haji yang tergabung dalam kloter 8 selalu diberikan kesehatan, sehingga bisa melaksanakan ibadah haji dengan baik, dan diterima oleh Allah SWT," kata Arbaja.

 

Foto: Situasi di Pos Kesehatan Haji Indonesia pada Selasa (21/8) siang. Ramai jamaah haji Indonesia jatuh sakit akibat dehidrasi pada hari pertama lontar jumrah tersebut. (Republika)