Wirid dan Shalat Sunat 1 Muharram

 
Wirid dan Shalat Sunat 1 Muharram

Laduni.ID, Jakarta -  Bulan muharram dalam Islam merupakan bulan yang menjadi pembuka dalam penentuan penanggalan hijriah. Rasulullah Saw memberikan julukan sebagai bulannya Allah Swt. Jaman dahulu sebelum muncul nama bulan muharram dinamakan sebagai bulan Shafar Al-Awwal.

Salah satu ibadah yang dianjurkan dalam bulan Muharram ini berupa shalat sunat, hal ini sebagaimana diutarakan dalam sebuah hadist berbunyi: 

“Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah (yaitu) Muharram. Sedangkan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam”. ( H.R. Muslim :11630).

Shalat awal tahun ini dikerjakan siang hari pada awal tahun tanggal 1 Muharram sebanyak 2 rakaat.  Sedangkan setiap rakaat sesudah surat al-Fatihah membaca surat Al Ikhlas 3 X (kali) , sesudah salam membaca ayat dibawah ini sebanyak 1000 X (kali).

الدين قال لهم الناس قد جمعوا لكم فاخشوهم فزادهم ايمانا. وقالوا حسبنا الله نعم الوكيل , × ١٠٠٠

Sesudahnya  kemudian membaca Do’a 100 X (kali) : 

يا كافى موس فرعون وياكافى محمدا الاحزاب اكفنى ما اهمنى × ١٠٠٠

Selepas shalat fardu  pada 1 Muharram, bacalah gabungan ‘Bismillahirrahmaa-nirrahim’ dan ‘Ayat Kursi’ sebanyak 360 kali.

Sesiapa yang mengamalkannya, InsyaAllah akan diberikan keselamatan dan terpelihara dari sebarang musibah dan kesempitan rezeki.


Beranjak dari itu marilah kita hiasi akhir bulan tahun (akhir bulan Zulhijjah) juga awal tahun ( 1 Muharram) begitu juga dengan bulan lainnya dengan memperbanyak amal kebaikan dan ibadah menjemput pahala dan magfirah serta keridhaan-Nya.

***Helmi Abu Bakar El-Langkawi, Dewan Guru Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga, Bireun, Aceh.