KH Zainut Tauhid: Bagus, Gus Miftah Memperluas Bidang Garapan Dalam Dunia Dakwah

 
KH Zainut Tauhid: Bagus, Gus Miftah Memperluas Bidang Garapan Dalam Dunia Dakwah

LADUNI.ID, Jakarta - Dalam video viral yang mempertontonkan seorang ulama asal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Jawa Tengah bernama Gus Miftah memberikan pengajian di sebuah tempat hiburan malam di pulau Dewata Bali, memancing respon berbagai pihak. KH Zainut Tauhid Sa’adi mengapresiasi jalan dakwah yang diambil Gus Miftah.

Menurutnya, langkah Gus Miftah tersebut selain berani juga memperluas bidang  garapan dakwah tidak hanya di lingkungan yang sudah baik, namun juga di kelompok-kelompok yang dinilai masyarakat belum baik. Dengan perluasan dakwah. Untuk itu, menurutnya, dakwah seperti ini harus didukung.

"Menurut saya justru kelompok ini yang perlu mendapatkan perhatian khusus, misalnya daerah lokalisasi, kampung narkoba, tempat-tempat perjudian, kelab malam atau daerah remang-remang yang penuh dengan kemaksiatan," ungkapnya seperti dilansir mui.or.id Kamis (13/09/2018).

"Sepanjang dakwahnya dilakukan dengan cara yang benar, manhaj yang shahih, niat yang baik, ihlas dan tidak ada maksud untuk menodai kesucian agama Islam, apalagi maksud untuk memperolok-olok agama sebagai bahan ejekan (istihza')," imbuhnya.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Buya Zainut ini mengungkapkan, dakwah intinya mengajak manusia menuju kebenaran melalui kebijaksanaan (bil-hikmah), ketauladanan (uswatun hasanah), serta argumen yang baik (wajadilhum billati hiya ahsan).  Sehingga, tuturnya, berdakwah di tempat maksiat demi menyebarkan kemuliaan Allah SWT. lebih baik dibandingkan dakwah di hadapan orang-orang yang sudah dicap baik namun materinya berisi ujaran kebencian, fitnah, dan sejenisnya.

"Menurut saya dakwah di tempat seperti itu nilainya lebih mulia dari pada dakwah di tempat yang baik dengan komunitas yang baik tapi isi dakwahnya penuh dengan ujaran kebencian, fitnah dan mengadu domba antarkelompok masyarakat." ujarnya.