Amalan-amalan yang Dianjurkan pada Hari Asyura

 
Amalan-amalan yang Dianjurkan pada Hari Asyura
Sumber Gambar: Foto Istimewa (Ilustrasi Foto)

Laduni.ID, Jakarta - Pada bulan Muharram terdapat satu hari yang dikenal oleh kita sebagai hari 'Asyura yaitu pada tanggal 10 Muharram. Pada hari 'Asyura terdapat peristiwa-peristiwa penting dalam sejaraah peradaban dan kehidupan manusia. Hari Asyura merupakan salah satu hari yang dimuliakan dalam Islam. Nabi Muhammad SAW pernah menjadikan 10 Muharram untuk mengamalkan puasa sunah sebagai bentuk syukur kepada Allah atas peristiwa-peristiwa penting bagi para Nabi dan Rasul terdahulu.

Pada hari 'Asyura kita dianjurkan untuk memperbanyak amal perbuatan yang baik sebagaimana yang dianjurkan oleh para ulama terdahulu. Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan adalah puasa sebagaimana yang telah dijalankan oleh Rasulullah SAW. Selain berpuasa banyak amalan-amalan yang dianjurkan dilaksanakan pada hari 'Asyura.

Baca Juga: Amalan Utama yang Dianjurkan di Bulan Muharram

Adapun amalan-amalan yang dianjurkan pada hari 'Asyura adalah sebagai berikut:

1. Melakukan shalat
2. Berpuasa
3. Menyambung silaturahim
4. Bersedekah
5. Mandi
6. Memakai celak mata
7. Berziarah kepada ulama
8. Menjenguk orang sakit
9. Menambah nafkah keluarga
10. Memotong kuku
11. Mengusap kepala anak yatim
12. Membaca Surat Al-Ikhlas sebanyak 1000 kali.

Amalan-amalan di atas sebagaimana dianjurkan dilaksanakan pada hari 'Asyura menurut Syekh Abdul Hamid bin Muhammad Ali Kudus bin Abdil Qadir dalam kitabnya Kanzun Najah was Surur Fi Ad'iyyati Tasyrahus Shudur:

فِى يوْمِ عَاشُوْرَاءَ عَشْرٌ تَتَّصِلْ * بِهَا اثْنَتَانِ وَلهَاَ فَضْلٌ نُقِلْ صُمْ صَلِّ صَلْ زُرْ عَالمِاً عُدْ وَاكْتَحِلْ * رَأْسُ الْيَتِيْمِ امْسَحْ تَصَدَّقْ وَاغْتَسِلْ وَسِّعْ عَلَى اْلعِيَالِ قَلِّمْ ظُفْرَا * وَسُوْرَةَ الْاِخْلاَصِ قُلْ اَلْفَ تَصِلْ

"Ada sepuluh amalan di dalam hari 'Asyura, yang ditambah lagi dua amalan lebih sempurna. Puasalah, shlatlah,sambung silaturrahim, ziarah orang alim, menjengk orang sakit dan celak mata. Usaplah kepala anak yatim, bersedekah, dan mandi, menambah nafkah keluarga, memotong kuku, membaca surat Al-Ikhlas 1000 kali"

Baca Juga: Do'a dan Wirid Nabi Khidir AS pada Awal Muharram

Dalam kitab ‘Ianatut Thalibin disebutkan beberapa amalan yang dianjurkan pada hari 'Asyura diantaranya sebagai berikut:
Pertama, Barangsiapa yang menghidupkan malam Asyura dengan beribadah, maka ia seakan-akan beribadah laiknya ibadahnya penghuni langit ketujuh.
Kedua, Barangsiapa yang shalat 4 rakaat dengan setiap rakaatnya membaca surat Al-Fatihah 1 kali serta Al Ikhlas 51 kali, maka dosa-dosa yang ia lakukan selama 50 tahun, akan terhapus.
Ketiga, Barangsiapa yang memberikan minuman di hari asyura’, maka kelak di hari akhir akan diberikan minuman yang tak bisa membuat ia merasa haus selamanya.
Keempat, Barangsiapa yang bersedekah pada hari asyura’, seakan-akan ia tak pernah menolak peminta.
Kelima, Barangsiapa yang mandi di hari asyura’, ia terbebas dari jerat penyakit pada tahun itu selain kematian. 
Keenam, Barangsiapa yang mengusap kepala atau berbuat baik pada anak yatim di hari asyura’, maka ia seakan-akan berbuat baik terhadap seluruh anak adam.
Ketujuh, Barangsiapa yang menjenguk orang sakit pada hari asyura’, seakan-akan ia mengunjungi seluruh anak adam yang didera penyakit.

Mari kita isi bulan Muharram yang mulia ini dengan melakukan amal perbuatan dan ibadah dengan sukacita sebagai rasa syukur kita kepada Allah SWT dengan berharap semoga segala dosa kita diampuni oleh Allah SWT dan Allah SWT selalu melimpahkan keberkahan dan ridha-Nya kepada kita. Aamiin

Wallahu A'lam


Referensi:
1. Kitab Kanzun Najah was Surur Fi Ad'iyyati Tasyrahus Shudur karya Syekh Abdul Hamid bin Muhammad Ali Kudus bin Abdil Qadir
2. Kitab ‘Ianatut Thalibin karya Sayyid Abu Bakar Muhammad Syatho Ad-Dimyathi