Beberapa Amalan Utama di Hari ‘Asyura

 
Beberapa Amalan Utama di Hari ‘Asyura
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Hari ‘Asyura merupakan salah satu hari yang dimuliakan dalam Islam. Nabi Muhammad SAW menganjurkan umat Islam berpuasa di hari tersebut, sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT.

Selain berpuasa terdapat banyak amalan yang bisa dilakukan di Hari ‘Asyura. Banyak ulama sholeh terdahulu yang konsisten dalam mengisi Hari ‘Asyura dengan amalan kebaikan. Sebagaimana keterangan di dalam Kitab Kanzun Najah was Surur, berikut ini adalah amalan yang dianjurkan untuk dilakukan di Hari ‘Asyura:

1. Melakukan shalat
2. Berpuasa
3. Menyambung silaturrahim
4. Bersedekah
5. Mandi
6. Memakai celak mata
7. Berziarah kepada ulama
8. Menjenguk orang sakit
9. Menambah nafkah keluarga
10. Memotong kuku
11. Mengusap kepala anak yatim
12. Membaca Surat Al-Ikhlas sebanyak 1000 kali.

Amalan-amalan di atas terangkum di dalam syair berikut ini:

فِى يوْمِ عَاشُوْرَاءَ عَشْرٌ تَتَّصِلْ * بِهَا اثْنَتَانِ وَلهَاَ فَضْلٌ نُقِلْ

صُمْ صَلِّ صَلْ زُرْ عَالمِاً عُدْ وَاكْتَحِلْ * رَأْسُ الْيَتِيْمِ امْسَحْ تَصَدَّقْ وَاغْتَسِلْ

وَسِّعْ عَلَى اْلعِيَالِ قَلِّمْ ظُفْرَا * وَسُوْرَةَ الْاِخْلاَصِ قُلْ اَلْفَ تَصِلْ

"Ada sepuluh amalan di dalam Hari 'Asyura, yang ditambah lagi dua amalan lebih sempurna. Berpuasalah, laksanakan shalat, sambunglah tali silaturrahim, ziarah orang alim, menjenguk orang sakit dan memakai celak mata. Lalu usaplah kepala anak yatim, bersedekah, dan mandi, menambah nafkah keluarga, memotong kuku dan membaca surat Al-Ikhlas 1000 kali."

Selain itu, terdapat keterangan lain di dalam Kitab ‘Ianatut Thalibin karya Syaikh Abu Bakar Syattha tentang beberapa amalan yang dianjurkan pada Hari 'Asyura. Di dalam kitab ini dijelaskan amalan-amalan yang dianjurkan di hari tersebut, di antaranya adalah sebagaimana berikut:

Pertama, orang yang menghidupkan Malam ‘Asyura dengan beribadah, maka ia seakan-akan beribadah laiknya ibadahnya penghuni langit ketujuh.

Kedua, orang yang melaksanakan shalat empat rakaat dengan setiap rakaatnya membaca Surat Al-Fatihah sekali serta membaca Surat Al-Ikhlas 51 kali, maka dosa-dosa yang dilakukan selama 50 tahun, akan terhapuskan.

Ketiga, orang yang memberi minum saudaranya di Hari ‘Asyura, maka kelak di Hari Akhir akan diberikan minuman yang tak bisa membuatnya merasa haus selamanya.

Keempat, orang yang bersedekah pada Hari ‘Asyura, seakan-akan ia tidak pernah menolak peminta sama sekali.

Kelima, orang yang mandi di Hari ‘Asyura, akan terbebas dari jerat penyakit pada tahun itu selain kematian. 

Keenam, orang yang mengusap kepala anak yatim atau berbuat baik kepada mereka di Hari ‘Asyura, maka ia seakan-akan berbuat baik terhadap seluruh anak adam.

Ketujuh, orang yang menjenguk saudaranya yang sakit pada Hari ‘Asyura, seakan-akan ia mengunjungi seluruh anak adam yang sedang didera penyakit.

Pada dasarnya, di Hari ‘Asyura umat Islam sangat dianjurkan untuk melakukan amal kebaikan. Namun, lebih spesifik sebagaimana anjuran para ulama salaf yang sholeh, amalan-amalan di atas bisa menjadi daftar yang perlu untuk dilakukan.

Semoga Allah memberikan kita kesempatan untuk bisa senantiasa mengamalkan kebaikan, khususnya di Hari ‘Asyura dan mengampuni dosa-dosa kita serta melimpahkan keberkahan dan ridho-Nya kepada kita. Amin. []


Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 04 Agustus 2022. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

___________

Editor: Hakim