Ayah Panti Sang Sosok Fenomenal Dayah dan Bergaul Semua Elemen serta Lapisan Masyarakat

 
Ayah Panti Sang Sosok Fenomenal Dayah dan Bergaul Semua Elemen serta Lapisan Masyarakat

LADUNI. ID, TOKOH- Angin semilir nan syahdu terus "menggoda" penghuni sebuah bangunan pondok yang merupakan "Syurga Dunia" dan lebih dikenal dengan Dayah atau Pesantren. Tidak lain melainkan Dayah Harapan Umat yang dipimpin oleh sosok ulama muda kesohor dan bergaul disemua lapisan masyarakat termasuk partai politik.

Tgk. H. Luthfi Arongan atau Ayah Panti akrab disapa oleh semua kalangan. Sebutan itu tidak berlebihan, ulama muda yang merupakan putra ulama kharismatik Aceh Abon Sofyan Arongan pimpinan Dayah Tauthituth Thullab (DTB ) Arongan.

Penebalan nama dayah Harapan Umat sebagai tafaulan semoga dayah itu menjadi mercusuar ilmu untuk umat dan masyarakat Bireun dan Aceh bahkan dunia dan itu tidak berlebihan dan ini diakui juga oleh ulama lainnya yang mengenal ketokohannya bersama Tgk. H. Bulqaini Tanjongan (Tu Bulqaini) saat konflik dalam melahirkan pergerakan santri yang dikenal RTA (Rabithah Taliban Aceh) yang memperjuangkan hak rakyat Aceh kala konflik bersenjata  dan DOM masih dirasakan masyarakat.

"Dulu ketika kami bersama Tu Bulqaini dan tokoh lainnya beberapa kali mengadakan rapat rahasia bagaimana Aceh bisa bebas daru konfik, saya harus menghilangkan identitas dan jejak agar tidak bisa mencium oleh pihak tertentu termasuk pulang ke Bireun dulu, baru pulang ke Samalanga," kisahnya mengurangi secuil kenangan itu. 

Alumni dayah MUDI Masjid Raya Samalanga yang kini telah mendirikan dayah tersebut dikenal oleh berbagai kalangan dan lapisan partai politik termasuk PDIP yang menghubunginya menghadiri untuk membacakan doa dalam acara resmi tingkat propinsi itu. 

Acara yang dilaksanakan di Kota Negeri Atas Awan itu padahal masih banyak ulama dan tokoh lainnya yang sangat wajar untuk membaca doa tersebut, namun partai itu tetap meminta berkah dari sosok ulama muda kharismatik asal Kota Santri itu. 

Ulama muda yang baru saja menyelesaikan program pascasarjana komunikasi di salah satu perguruan tinggi Aceh terkenal itu ikut memenuhi undangan tersebut. Untaian doa Ayah Panti membahana undangan yang turut dihadiri tokoh nasional dan anggota DPR RI diantaranya Ahmad Basarah, Tagore Abu Bakar dan lainnya.

Diantara bait doa itu mendoakan kedamaian untuk negeri Aceh dan Indonesia juga mampu menjalankan amanah demi bangsa ini bahkan bapak presiden mampu menjalankan amanah dan tugasnya.

"Ya Allah berikanlah petunjuk kepada kami, khususnya para peserta Rakerda PDIP dalam menjalankan segala macam bentuk amanah bangsa ini..."