Pesantren HM Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD2 MTS/SMP2
MA/SMA3 Maly/Univ.1
Tahfidz1 Laboratorium2
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren HM Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri

Profil
Pondok Pesantren Lirboyo HM Al-Mahrusiyah dirintis sejak tahun 1987 M. Lembaga pendidikan ini adalah penampung siswa, mahasiswa dan mahasiswi yang belajar dibawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Tribakti (YPIT). Pondok pesantren ini sendiri memiliki beberapa lembaga: PP Lirboyo HM Al-Mahrusiyah Putra/Putri, Madrasah Diniyah Al-Mahrusiyah, Madrasah Murottilil Qur’an Al-Mahrusiyah, Institut Agama Islam Tribakti (IAIT), Madrasah Aliyah HM Tribakti, Madrasah Tsanawiyah HM Tribakti, TK Kusuma Mulia Tribakti, koperasi Pondok Pesantren dan perpustakaan Pondok Pesantren.

Untuk PP Lirboyo HM Al-Mahrusiyah Putri, diresmikan pada tanggal 06 Januari 2001. Dan sekarang, pesantren unit Lirboyo ini berlokasi di tiga tempat. Satu bertempat di jalan KH. Abd. Karim No. 99 Lirboyo, dua berada di jalan Penanggungan No. 44B Lirboyo, dan tiga berada di daerah Ngampel, Kediri, beberapa kilometer arah utara Pondok Induk Lirboyo.

Tahun 1992 (1 Muharom 1413 H.) berdirilah Madrasah Diniyah (Madin di PP Lirboyo HM Al-Mahrusiyah Putra berdasarkan SK.PP.HMP.No.23/SK/PP HMP/VII/1992). Pendidikan yang dikembangkan memiliki beberapa jenjang : I’dadiyah 2 tahun, Tsanawiyah 3 tahun, dan Aliyah 3 tahun. Metode yang digunakan Madin yang tidak jauh beda dengan metode MHM, seperti Musyawarah, Muhafadloh, ataupun Lalaran. Madin PP. HM Putra Al-Mahrusiyyah digelar malam hari, karena pagi harinya para santri menuntut ilmu umum.

Dan pada tahun 2004, madrasah tsanawiyah Madinnya telah disamakan dengan tingkatan tsanawiyah lembaga umum, dan ijazahnya telah disahkan bisa untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi di Negara lain, sepeti Yaman, Al Azhar, dan negara lainnya. Selain itu, untuk menunjang para santrinya, PP. HM Putra Al-Mahrusiyyah memiliki beragam sarana dan prasarana, mulai puluhan lokal belajar, lapangan basket, voly sampai lapangan tenis, yang ditunjang juga dengan berbagai kegiatan ekstra kurikuler. Diantaranya : Manaqib, Sab’ul Munjiyat, dan Bela Diri (Pagar Nusa), Wushu, Taekwondo).


Pendidikan
1. TK Kusuma Mulia Tribakti
2. SD Al Mahrusiyah
3. MTs HM Tribakti
4. MTs Al Mahrusiyah
5. MA HM Tribakti
6. MA Al Mahrusiyah
7. SMK Al Mahrusiyah
8. Institut Agama Islam Tribakti (IAIT)
9. Madin
10 .Tahfidul Qur'an

Fasilitas
1. Masjid
2. Asrama
3. Gedung Sekolah
4. Perpustakaan
5. Gedung Balai Pengobatan
6. Laboratorium Soal Madrasah
7. Laboratorium Bahasa
8. Ruang tamu
9. Kopontren
10. Klinik Kesehatan
11. Aula
12. Lapangan

Ekstrakurikuler
Manaqib, Sab’ul Munjiyat, dan Bela Diri (Pagar Nusa), Wushu, Taekwondo).

Alamat
Jalan HM. Winarto, Bandar Lor, Mojoroto, Bandar Lor, Kota Kediri, 64117
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi https://yayasanmahrusiyah.wordpress.com

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.