Pendidikan Ilmiah

 
Pendidikan Ilmiah

 

LADUNI.ID, KOLOM- Isi pendidikan Islam yang lain ialah ilmu pengetahuan: dimulai dengan keterampilan membaca dan menulis (Suparta, Herry Noer Aly:2002:128) Pandangan Islam terhadap ilmu pengetahuan bersifat komprehensif karena lahir dari prinsif kesatuan yang merupakan aspek penting dalam konsep Islam.

Atas dasar itu, Islam mendorong manusia untuk mempelajari setiap pengetahuan yang bermanfaat bagi dirinya, masyarakat dan semua umat manusia, baik dalam lingkup pengetahuan kesyari’atan maupun pengetahuan sosial, kealaman ataupun pengalaman lainnya.(Suparta, Herry Noer Aly:2002:129)

Pandangan Islam tentang proses memperoleh ilmu pengetahuan menempatkan aktivitas pendidikan dan pengajaran pada derajat ibadah dan kesucian.Rasullullah saw bersabda: Barang siapa menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu, niscaya Allah membawanya ke suatu jalan menuju surga.(Suparta, Herry Noer Aly:2002 :129)

Pandangan Islam tentang hubungan antara isi pengetahuan dan pentingnya pendidikan dalam pandangan Islam. Islam menganjurkan kepada manusia untuk menggunakan akalnya secara maksimal.

 Anjuran tersebut dipertegas dengan kecaman terhadap orang yang tidak menggunakan akalnya untuk meneliti, memperhatikan dan menggali bukti-bukti serta menarik kesimpulan dari berbagai pengetahuan, baik pengetahuan keagamaan maupun keduniaan. Anjuran tersebut tampak pada firman Allah sebagai berikut.(Suparta, Herry Noer Aly:2002:130).

Itulah beberapa ayat tentang seruan kepada manusia untuk melakukan penelitian dan perenungan terhadap penciptaan segala makhluk hidup, langit, dan bumi guna mengambil peringatan dan pelajaran.(Suparta, Hery Noer Aly:2002:131).

 

Helmi Abu Bakar El-Langkawi Penggiat Literasi Asal Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga, Aceh.