STAI Miftahul 'Ula (STAIM) Nganjuk

 
STAI Miftahul 'Ula (STAIM) Nganjuk

PROFIL
Ide berdirinya STAIM yang semula bernama STIAMU (Sekolah tinggi Ilmu Agama Miftahul’Ula) tidak terlepas dari cita-cita luhur Al-Maghfur-lah Hadrotusy Syekh K.H. Abdul Fattah (wafat tahun 1969) pendiri Pondok Pesantren Miftahul ‘Ula. Sesama hidupnya beliau pernah berencana untuk mendirikan sebuah Perguruan Tinggi di lingkungan pondok pesantren yang diasuhnya, dengan tujuan agar para santri berpikiran lebih maju dan berwawasan global.

Kemudian pada decade 90-an rencana yang mulia itu didiskusikan oleh dewan guru yang akhirnya disepakati untuk dibentuk Badan Persiapan Pendirian Perguruan Tinggi (BP3T) dengan personalia sebagai berikut:

Penasehat                                                           : K.H. jamaluddin Abdullah

Ketua                                                                 : Drs. Abdul Qodir

Sekretaris                                                           : Drs. H. Isrofil Amar

Perencana Bidang Edukatif dan Administrasi     : Drs. Moh. Harisuddin Cholil

Perencana Bidang Kemahasiswaan                   : Drs. H.M. Hasyim Afandi

Pericana Bidang Sarpras                                    : Drs. H. Nur Sayid

Berkat Rahmat Allah Yang Maha Kuasa pada tanggal 02 Oktober 1995 Sekolah tinggi Ilmu Agama Miftahul ‘Ula (STIAMU) resmi di buka oleh Bupati Nganjuk Drs. Sutrisno R. di gedung mujahidin lantai dua ditandai dengan penandatanganan prasasti dan peresmian 45 orang mahasiswa baru yang sebelumnya telah mengikuti kegiatan OSPEK selama empat hari.

Setelah tiga tahun sejak diresmikan, tepatnya pada bulan Maret 1998 SK status terdaftaruntuk program studi pendidikan agama islam STAI Miftahul ‘Ula (perubahan nama dari STIAMU menjadi STAIM) ditandatangani oleh Dirjen Lembaga Islam Prof. Drs. H. Malik Fajar, m.Sc. Dengan nomor: E/113/1998. Dan pda bulan oktober 1998 untuk pertama kalinya para mahasiswa dapat mengikuti Ujian Negaran Cicilan (UNC) dengan hasil lulus 100%.

Setahun pasca turunnya SK terdaftar pada peraturan baru dari Depdikbud yang mengharuskan semua Lembaga Lembaga Pendidikan Tinggi mengikuti akreditasi yang diselenggarakan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dan STAIM yang usuanya masih balita berhasil memperoleh sertifikat TERAKREDITASI denga SK BAN PT no. 0332/Ak-1-III-014/SX7PBI/VII/2000.
PRODI

FASILITAS
1. Masjid
2. Asrama
3. Gedung Kampus
4. Perpustakaan
5. MCK/WC
6. Gudang
7. Laboratorium Bahasa
8. Ruang tamu
9. Koperasi, Kantin
10. Klinik Kesehatan
11. Aula
12. Lapangan

ALAMAT
Jln. KH. Abdul Fattah, Nglawak, Kertosono, Nganjuk
 

 

 

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.