Ribuan Jamaah Larut di Haul Mbah Yai Thoyib

 
Ribuan Jamaah Larut di Haul Mbah Yai Thoyib

LADUNI, ID. DEPOK - Ratusan jamaah larut dalam kekhusyukan saat mengikuti acara Haul l ke-15 KH. M. Thoyib Bin H. Mughni di Ponpes As-Salamah. Rangkaian acara sebelumnya  juga diadakan dengan khotmul Qur'an oleh 200 santri dari  As-Salamah. "Tentunya, dengan adanya peringatan Haul ini bukan sekadar motivasi belaka. Namun, bisa menjadi motivasi bagi keluarga, masyarakat dan alumni dalam mengembangkan nilai agama sesuai kemampuan,"ujar Pengasuh Pondok Pesantren As-Salamah KH. Bahrudin,  Bojong Pondok Terong, Cipayung. 

Menurutnya, para  jamaah yang hadir dari Para Habaib, Ulama, Pengurus PC NU Depok, tokoh masyarakat, para santri, alumni, siswa, wali murid dan lainnya.  Dalam kesempatan tersebut, seusai sholat Isya dimulai dengan pembacaan Ratibul Atthos oleh Habib Muhsin Al-Athos dari Kramat Empang, dan bacaan Yasin Ust. H.  M. Ja'wani. Sedangkan, untuk Penceramah KH. Zarkasih Amin, Habib Muhammad Bin Ali bin Abdurrahman Assegaf, KH. Sumarno Syafi'i (pengisi Damai Indonesia-red) dan Doa Habib Husein bin Ali Baharun. "Kita mengingatkan kembali perjuangan almarhum dan perkenalkan pada jamaah yang baru mengikuti Majelis Taklim. Serta teladan bagi kita,  kiprahnya dalam berdakwah di Pondok Terong, Cipayung dan Depok pada umumnya,"papar Kiai Bahrudin 

Penyelenggaraan Haul Pendiri Ponpes Assalamah rutin dilakukan setiap tahun. Menurutnya, sebagai pihak keluarga berupaya melanjutkan perjuangan beliau, baik secara internal dan eksternal. "Beliau dakwah siang malam, wakafkan umurnya dan  kehidupannya untuk agama dan masyarakat. Dari pengajian lekar atau kalong (pulang pergi) sampai dengan mendirikan Pesantren. Kita melanjutkan apa yang  dilakukan almarhum dan berikan satu inovasi dari pendidikan. Kalau mengutip kaidah Ushul Fiqih Almuhafadzoh 'ala qodimis sholih wal akhdu bil jadidil ashlah,"tandasnya. 

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

 

Tags