Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara (UNUSU)

 
Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara (UNUSU)

PROFIL
Geliat untuk mendirikan kembali UNUSU terus bergema di kalangan Nahdliyyin Sumatera Utara terutama pasca reformasi, namun tahun 2010 merupakan titik kulminasi awal semangat ini dengan ditunjuknya beberapa orang pengurus wilayah untuk segera merealisasikan pendidian UNUSU. Dari tahun 2010 hingga tahun 2013 beberapa nama telah ditunjuk, di antaranya: H. Abdullah Nasution, H. Musaddad Lubis, H. Usman Lubis, Upar Pulungan dan lainnya. Tidak hanya di tingkat provinsi semangat pendirian ini menggeliat, pada tingkat nasional di tahun-tahun tersebut melalui PBNU dalam berbagai forumnya senantiasa disampaikan dorongan agar PWNU-PWNU segera merealisasikan pendirian UNU-UNU di daerahnya masing-masing.

 

Puncaknya tanggal 10 Maret 2014 PWNU Sumatera Utara membentuk Panitia Persiapan Pendirian UNUSU tanggal 10 Maret 2014 dengan Surat Tugas Nomor. 27/A-1.03/III/2014 dengan susunan: H. Takbir Siregar (Ketua), H. Mhd. Hatta Siregar (Wakil Ketua), H. Khairuddin Hutasuhut (Sekretaris), Abrar M. Dawud Faza (Wakil Sekretaris), dan Anggota-anggota terdiri: Masdulhaq Siregar, H. Musaddad Lubis dan H. Misran Sihaloho.

 

Panitia ini pun bergerak cepat atas instruksi PBNU yang mewajibkan seluruh pengurus NU daerah-daerah harus menyelesaikan proposal pendirian UNU di bulan Maret itu juga. Lebih kurang seminggu proposal pendirian dapat disiapkan dengan mengerahkan banyak tenaga muda NU untuk menyelesaikan persyaratan administrasi dan akademiknya, sedangkan persyaratan sarana pra sarana maupun hukum dan kelembagaannya dibantu oleh PBNU sebagai badan hukum perkumpulan. Beberapa tenaga muda yang turut membantu antara lain: Abrar, Yusmiadi, Ramadhan, M. Nuh Dawi, Heru, Asrar, Rahmat Daim Hrp, Aminuddin, Budi, Iwan, Bata, Ahmad Bulyan Nst dan lainnya.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Alumni Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara (UNUSU)

  • Dila amelia Dila amelia