LP Ma'rif Jajaki Kerjasama dengan Erlangga dan Pudak Scientific 

 
LP Ma'rif Jajaki Kerjasama dengan Erlangga dan Pudak Scientific 

LADUNI.ID - LP Ma’arif NU menjajaki bekerja sama dengan Penerbit Erlangga dan Pudak Scientific. Kerjasama ini untuk penguatan kelembagaan LP Ma’arif NU sehingga karya-karya tenaga ahli LP Ma’arif NU bisa dipulikasikan. Sementara kerjsama dengan dengan Pudak Scientific untuk menumbuhkan kreativitas para siswa yang berada di bawah naungan SMK Ma’arif NU.

Demikian hasil pembicaran antara pengurus Ma’arif NU, Erlangga, dan Pudak. Rapat berlangsung di Kantor LP Ma’arif NU, Rabu (17/10/2018) baru pertama kali untuk mencari titik temu di antara lembaga-lembaga tersebut.

Dalam rapat tersebut hadir Brand Development Manager Erlangga Group Adhika Prasetya Kusharsanto dan rombongan, Pudak Traing Center Denny Mucharam dan rombongan, dan sejumlah pengurus Ma’arif NU.

Adhika dalam paparannya mengatakan, Penerbit Erlangga kerjasama dengan PBNU bukan kali ini saja, tetapi sudah beberapa kali sudah dilakukan. 

“Beberapa kali Erlangga melakukan kerjasama dengan PBNU,” ujarnya.

Menurut Adhika, kerjasama dengan Ma’arif NU memakai sistem sama dengan sebelumnya. Erlangga berusaha menerbitkan karya-karya para ahli Ma’arif NU di Penerbit Erlangga. Karya-karya tersebut setelah itu akan dipasarkan agar dibaca oleh masyarakat umum.

Bukan hanya itu, melalui toko-toko dan tenaga marketing, Erlangga juga akan mendistribusikan karya-karya tersebut pada sekolah-sekolah/madrasah-madrasah Ma’arif NU. 

"Erlangga memiliki 75 persen perwakilan di Indonesia untuk memasarkannya. Karya-karya yang diterbitkan di Erlangga meliputi buku-buku madrasah, buku-buku Aswaja, dan buku-buku umum,” ujar Adhika.

Sementara kerjasama Pudak Scientific dilakukan untuk membangun tempat-tempat pelatihan di lingkungan Ma’arif NU. Lebih dari itu, pelatihan tersebut menjadi pusat pembelajaran. “Pudak nantinya membangun training center untuk kependidikan di LP Ma’arif NU,” ujar Denny Mucharam.

Saidah Sakwan berharap, kerjasama dengan Pudak Scientific bukan hanya membangun pusat pelatihan (training center), tetapi bagaimana BLK-BLK yang nantinya dapat menjadi usaha-usaha dapat juga dibangun di lingkungan sekolah-sekolah/madrasah-madrasah Ma’arif NU.

Ketua LP Ma’arif NU KHZ Arifin Junaidi mengatakan, kerjasama dengan Erlangga untuk menerbitkan karya-karya tenaga ahli di Ma’arif NU, sementara dengan Pudak Scientific untuk membangun kesadaran baru tentang training center dan kewirausahaan di lingkungan Ma’arif NU baik tingkat pusat, wilayah dan cabang.

Pada kesempatan sama, rapat yang dipimpin oleh Sekretaris Ma'arif NU Harianto Oghie memutuskan untuk membentuk tim untuk memperlancar rencana ini. Kerjasama dengan Erlangga diketuai oleh Saidah Sakwan, sementara kerjasama dengan Pudak Scientific diketuai oleh Suardi.