UI Kirim Perawat Ke Daerah Bencana Lombok

 
UI Kirim Perawat Ke Daerah Bencana Lombok

LADUNI.ID,NTB - Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) mengirimkan tim pasca bencana ke Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Jumat (5/10/2018). Dalam kegiatan ini, tim FIK UI Peduli bertugas dari tanggal 5 Oktober 2018 sampai dengan tanggal 9 Oktober 2018.

Tim mahasiswa yang dikirimkan terdiri dari Sri Djuwitaningsih, S.Kep, M.Kes, dan Dwi Agus Setiawan. S.Kep. Tim dosen yang turun terdiri dari Dr. Tuti Nuraini, S.Kp., M.Biomed, Ns. La Ode Abd Rahman, S.Kep,MBA, dan Ns.Nikita Dewayani,S.Kep.

Ketua Tim FIK UI Peduli Tuti Nuraini mengatakan Lokasi pelaksanaan kegiatan dilakukan di Kecamatan Sembalun, Desa Bumbung, Lombok Timur. Menurut Tuti kegiatan yang dilakukan, yaitu memberikan promosi kesehatan tentang pola hidup bersih dan sehat di tenda, pemeriksaan kesehatan, serta melakukan pengkajian keperawatan.

Selain itu menurut Tuti, salah satu fokus utama lain dari kegiatan tim UI Peduli adalah penanganan ibu hamil di pengungsian untuk mencegah kehamilan beresiko tinggi. 

“Tim melihat bahwa banyak ibu hamil yang saat ini masih tinggal di tenda pengungsian, sehingga tim merasa perlu melakukan kunjungan dan pemeriksaan kesehatan kepada ibu-ibu hamil tersebut,” ujar Tuti Nuraini selaku ketua tim FIK UI Peduli.

Selain itu, tim FIK UI Peduli bersama petugas Puskesmas Sembalun juga melakukan kegiatan puskesmas keliling di Dusun Batu Jong. Kegiatan yang dilakukan oleh puskesmas keliling, diantaranya yaitu melakukan pengukuran tekanan darah, karena tim menemukan banyak warga di Dusun Batu Jong yang mengalami hipertensi.

Tim FIK UI Peduli juga memberikan edukasi kesehatan tentang pentingnya mengonsumsi obat hipertensi secara teratur. Penyuluhan kesehatan dilakukan Tim FIK UI Peduli kepada kepada siswa-siswi kelas 2, 4, dan 6 SD Batu Jong tentang penyakit gangguan pernafasan dan perilaku hidup bersih dan sehat.

Penyuluhan kesehatan juga dilakukan di SMPN 1 dan 2 Sembalun, namun materi yang diberikan berbeda dengan materi yang diberikan kepada siswa SD. Materi kesehatan yang diberikan yaitu tentang kesehatan reproduksi, pernikahan dini, dan kehamilan dini.

Tim FIK UI Peduli juga melakukan kegiatan bersama tenaga kesehatan Puskesmas Sembalun, diantaranya adalah memberikan pelatihan pemeriksaan EKG, serta perawatan luka kepada perawat dan bidan.Pada akhir kegiatan, Tuti juga menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat memberikan manfaat langsung kepada tenaga kesehatan Puskesmas Sembalun.