Damailah Negeri Ini Bersama Santri

 
Damailah Negeri Ini Bersama Santri

LADUNI. ID, KOLOM- Salah satu elemen masyarakat yang sangat berperan mencerdaskan anak bangsa bernama santri. 

Kita mengetahui bahwa santri sebagai generasi penerus bangsa, bukan dalam pengertian elemen lain harus dikesampingkan, namun mereka merupakan sebagai insan produktif dan sebagai sosok the leader of tomorrow (sang pemimpin masa depan). 

Seorang santri dibebankan untuk memiliki dedikasi yang tinggi dalam pengembaraan pengetahuan dan rasa ingin mengetahui yang lebih besar dan harus menjadi pelopor sense of curiosity (rasa keingintahuan yang tinggi) dalam lingkungan.

Slogan sense of curiosity dalam pepatah arab dikenal dengan ungkapan “himmatul rizal tasqutu jibal” (semangat seorang  santri bisa menaklukan sebuah pegunungan). 

Dalam menumbuhkan sikap sense of curiosity akan melahirkan iqrak  dengan ta’lim yang dikreasikan dengan motivasi instrik. Membaca itu dikonotasikan sebagai ta’lim (belajar). 

Iqrak itu pintu gerbang menuju ke samudera ilmu pengetahuan. Iqrak pun tidak terbatas kepada yang tertulis (iqrak bil qalam) namun segala perubahan dan fenomena alam yang terjadi juga harus mampu ditelaah dan di cerna yang dikenal dengan Iqra’ Kauniyah.

Hal ini dijelaskan secara gamblang dalam Al-Quran yang berbunyi: “Bacalah dengan menyebut nama Tuhan yang menciptakan. Dia  telah  menciptakanmanusia darisegumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha Pemurah, yang mengajar manusia dengan perantaraan kalam. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya”. (QS. Al-Alaq:1-5).

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN