Heroik, Inilah Aksi Suwardi Saat Panjat Tiang Membenarkan Kain Bendera yang Tersangkut

 
Heroik, Inilah Aksi Suwardi Saat Panjat Tiang Membenarkan Kain Bendera yang Tersangkut

LADUNI.ID, Kediri - Upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2018 yang berlangsung di Stadion Canda Bhirawa Kecamatan Pare Kabupaten Kediri diwarnai dengan aksi heroik. Salah satu anggota Banser dari Pengaurus Anak Cabang (PAC) Plemahan bernama Suwardi, kemudian bergegas memanjat tiang bendera untuk membenarkan bendera Merah Putih yang tersangkut.

Menurut Ketua Pelaksana Apel Besar HSN PCNU Wahyudin S.Ag, kejadian saat bendera dikibarkan oleh rekan IPNU dan IPPNU sebelum apel dimulai. Akan tetapi, tanpa sangka, angin yang kencang ternyata menyobek kain pengait bendera.

“Bendera yang dikibarkan itu ternyata melilit tiang, dan berhenti tidak sampai ujung. Melihat seperti itu, salah satu banser bertanya kepada saya kok benderanya berhenti di situ? Saya balik bertanya, dan dia langsung copot sepatu dan memanjat tiang dan membenarkan bendera yang masih setengah tiang tersebut,” terangnya.

Aksi heroik ini terjadi sekitar pukul 07.30 wib. Sontak, ratusan santri dari sejumlah pondok pesantren mulai berdatangan dan menjadi saksi sebagai peserta apel. Kejadian ini, diperkirakan karena angin kencang cukup kencang hingga mengakibatkan tali bendera putus.

 “Saya mengapresiasi atas tindakan spontanitas anggota Banser sebagai pahlawan dalam upacara tersebut. Jika tidak, upacara kemarin pasti bakal menjadi tertawaan banyak orang yang mengikuti. Termasuk pemerintah dan ribuan santri yang hadir,” terang Ketua Pelaksana HSN Kabupaten Kediri.

Suwardi yang saat itu termasuk menjadi peserta apel, bergegas mendekati tiang bendera setelah sebelumnya melepas sepatu boots yang dipoakainya. Hanya dalam hitungan menit, akhirnya bendera berhasil dibenarkan dan pengibaran akhirnya berjalan dengan baik.