Pesantren Al-Jauhariyah, Balerante, Cirebon

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium2
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Al-Jauhariyah, Balerante, Cirebon

Profil

Pondok Pesantren Al-Jauhariyah, Balerante, terletak di Desa Balerante, Kec. Palimanan, Kab. Cirebon, Prov. Jawa Barat. Lazimnya pesantren-pesantren dahulu, yang dikenal dengan nama daerahnya, sedang nama Jauhariyah, nama ini diambil oleh para ahli warisnya dari nama Pengasuh Pesantren pada generasi kelima, yaitu KH. Jauhar Arifin. Dengan tidak bermaksud menghilangkan nama Balerante yang telah melegenda, nama ini tetap dipertahankan sebagai tanda cikal bakal pesantren. Maka kini, pesantren ini lebih dikenal dengan nama Pondok Pesantren Al-Jauhariyah, Balerantre, Cirebon.

Pesantren Al-Jauhariyah merupakan Pesantren Salaf yang bercirikhaskan kajian kitab kuning (kitab klasik), dengan metode bandungan, sorogan, juga diterapkan sistem madrasah. Disamping itu juga Pesantren Al-Jauhariyah menyelenggarakan Bimbingan Hikmah yang di asuh langsung oleh Pengasuh Pondok Pesantren Al-Jauhariyah saat ini yaitu KH. Muhammad Faqih Jauhar.

Kala itu para pendahulunya menjadikan Pesantren Al-Jauhariyah sebagai suatu pusat pembelajaran pendalaman ilmu, baik ilmu zahir maupun ilmu bathin. Sejalan dengan waktu di bawah asuhan KH. Muhammad Faqih Jauhar (saat ini), pesantren ini memutuskan untuk melengkapi pembelajaran ilmu thariqah. Pembelajaran ilmu bathin sudah tidak dipertahankan lagi. Maka kini, Pesantren Al-Jauhariyah, Balerante, menerapkan dua sistem pembelajaran, yakni ilmu syari’ah dan ilmu thariqah.

Sejarah 
Pondok Pesantren Al-Jauhariyah adalah salah satu Pesantren tertua di Cirebon, Jawa Barat. Pesantren tersebut dulunya hanya bernama Pesantren Balerante (Pesantren yang terletak di Desa Balerante).

Pesantren Balerante berdiri tepatnya pada Sultan ke-5 Keraton Kasepuhan Cirebon, yakni pada abad ke XII. Lokasi pesantren berpindah-pindah dari luas tanah 7 Ha yang merupakan wakaf dari Keraton Kasepuhan Cirebon. Pada masa Sunan Gunungjati lahan tersebut sempat dijadikan padepokan, terbukti bahwa nama Balerante adalah diambil dari bale yang di rantai hasil rampasan perang dengan Galuh, sampai sekarang pun bale tersebut masih ada dan di simpan di komplek pemakaman Sunan Gunungjati. Menurut beberapa sesepuh, pada zaman Sunan Gunungjati tanah Balerante dijadikan tembikar.

Oleh para pendahulunya Pesantren Balerante dijadikan suatu pusat penempaan dalam pendalaman ilmu, baik ilmu lahir maupun bathin. Penempaan ilmu thoriqoh adalah merupakan tujuan akhir setelah para santri diberi pembekalan masalah ilmu syari’at dengan berbagai macam didalamnya.
Pesantren Balerante di dirikan pada tahun 1779 M. oleh KH. Romli atau Ki Buyut Romli, beliau adalah salah seorang keturunan dari Kasultanan Kasepuhan Cirebon.

Sepeninggal beliau, pengasuhan Pesantren ini dilanjutkan oleh Putranya yang bernama KH. Abdul Majid yang lahir pada tahun 1823 M. sampai dengan tahun 1897 M. Dan dilanjutkan oleh putranya yang bernama KH. Ilyas bin KH. Abdul Majid, atau lebih dikenal dengan nama KH. Jauhar Arifin lahir tahun 1871 M. sampai tahun 1941 M. Kemudian Pesantren ini dikenal dengan nama Pondok Pesantren Al-Jauhariyah. Nama Al-Jauhariyah sendiri diambil dari nama Pengasuh Pesantren Balerante pada generasi ke-5 yaitu KH. Jauhar Arifin.

Sepeninggal KH. Jauharul Arifin kepemimpinan Pesantren dilanjutkan oleh Putra Pertamanya yang bernama KH. Ridhwan Jauhar, sampai tahun 1975 M. dan dilanjutkan oleh adiknya yang bernama KH. Amin Jauhar hingga tahun 1982 M. Kemudian dilanjutkan oleh adiknya yang mempunyai nama asli Husein Al-Habsi sebelum kemudian nama beliau diganti di Makkah dengan nama KH. Abdulah Bafaqih atau lebih dikenal dengan nama KH. Faqih Jauhar hingga tahun 2001 M.   Sepeninggal KH. Faqih Jauhar, pengasuhan Pondok Pesantren Al-Jauhariyah dipimpin oleh putranya yang bernama KH. Muhammad Faqih Jauhar hingga saat ini.

Pendiri
KH. Romli
Pengasuh
1. KH. Romli atau Ki Buyut Romli
2. KH. Abdul Majid 
3. KH. Ilyas bin KH. Abdul Majid, atau lebih dikenal dengan nama KH. Jauhar Arifin
4. KH. Ridhwan Jauhar
5. KH. Amin Jauhar
6. Husein Al-Habsi atau bernama KH. Abdulah Bafaqih atau KH. Faqih Jauhar
7. KH. Muhammad Faqih Jauhar

Pendidikan

Unit Pendidikan
1. MA Darul Faqih
2. SMP Darul Faqih
3. Madrasah Diniyah

Ekstrakurikuler

1. Tahfidz Qur’an
2. Kajian Kitab Kuning
3. Bahasa Arab
4. Bahasa Inggris Seni Kaligrafi
5. Khitobiah
6. Hadroh
7. Latihan Beternak & Berkebun
8. Latihan Pertukangan
9. Latihan Tata Niaga
10.Paskibra
11. Pramuka
12. Qori
13. Komputer
14. Ziarah
15. Olahrga : Senam, Sepakbola, Voli, Basket, Pencak Silat Balerante, Karate


Hadrah di pesantren Al-Jauhariyah, Balerante


Praktek Komputer di pesantren Al-Jauhariyah, Balerante

Fasilitas

1. Masjid Memadai
2. Ruang Madrasah yang Representatif      
3. Ustadz yang Profesional      
4.  Asrama untuk putra Madrasah               
5. Asrama untuk putra Riyadloh
6. Aula yang memadai           
7. Ruang kelas SMP yang Representatif     
8. Pengajar yang  Profesional
9. Ruang kelas MA yang Representatif     
10. KBM yang menggunakan Infocus
11. Aula
12. Lapangan
13.  Perpustakaan
14. Laboratorium Komputer
15. Laboratorium Bahasa
16. Kopontren
17. Klinik Kesehatan
18. MCK/Sanitasi
19. Taman Bacaan


Gedung SMP
di pesantren Al-Jauhariyah, Balerante


Gedung MA
di pesantren Al-Jauhariyah, Balerante

Alamat

Blok Pesantren Desa Balerante - Kec. Palimanan - Kab. Cirebon, Jawa Barat
Kode Pos  : 45161
Telepon     : (0231) 342-643

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi https://pp-aljauhariyah-balerante.com
 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.