Hanya dari Jualan Aquarium, Pria ini Hasilkan 15 Juta per Bulan

 
Hanya dari Jualan Aquarium, Pria ini Hasilkan 15 Juta per Bulan

LADUNI.ID, Jakarta -  Pria berusia 50 tahun akrab disapa Obet sehari-hari menjual aquarium di kediamannya kemandoran Jakarta Selatan, sudah pulah tahun bisnis ini digelutinya sebagai mata pencaharian untuk menghidupi keluarganya.

Awal mula berjualan akuarium lantaran waktu muda kerap ikut orangtuanya berdagang di Kawasan Barito, Jakarta Selatan. Orang tua Obet berdagang tanaman, sementara tak jauh dari tempat dagang orangtuanya ada yang berjualan ikan hias dan ikan hias tersebut merupakan kesukaanya.

Dari situ, dia mulai menaruh minat untuk dagang akuarium. Dia bilang, mulai dagang sekitar tahun 1980-an.

"Dulu di pohon (jualan) orang tua, saya ngikuti, sebelah jual ikan hias. Laku kenal akuarium itu dari tahun 1972. Lulus SMA, 1983 saya terusin (ikut jual)" Selasa (13/11/2018), dilansir detik.com

Setiap bulannya bisa menjual akuarium sebanyak 60 buah. Akuarium yang dijual Obet pun variatif, dari paling kecil berukuran sekitar 10 cm x 10 cm x 10 cm yang biasa digunakan untuk ikan cupang. Akuarium itu dibanderol dengan harga Rp 15 ribu. Sementara, yang paling mahal Rp 1,5 juta dengan ukuran 100 cm x 20 cm x 40 cm.

Menurut Obet, usahanya saat itu cukup maju. Meski sempat redup ketika ada penggusuran di Barito sekitar tahun 2008. Setelah digusur, Obet merintis usaha kembali di Kemandoran. 

"Terus digusur 2008 di Barito. Begitu ngumpulin duit beli di sini," ujarnya.

Dengan sisa penghasilan dari jualan di Barito, Obet membangun kembali usahanya. Usahanya pun terus mengalami perkembangan.

Saat ini, dia mengaku memiliki omzet sekitar Rp 15 juta sebulan. Dia menjual akuarium yang ia buat sendiri.

"Rp 15 juta dapatlah sebulan," ungkapnya.

Menurut Obet, akuarium pasti lakunya dan tidak musiman.

"60 biji adalah sebulan, pokoknya Alhamdulillah adalah duit," tutupnya.