Pesawat Tanpa Awak ITS, Raih Juara Dua pada Ajang Robot Terbang 

 
Pesawat Tanpa Awak ITS, Raih Juara Dua pada Ajang Robot Terbang 

LADUNI.ID,SURABAYA - Tim Bayucaraka Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berhasil meraih gelar juara dua pada ajang Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) yang dilaksanakan di Universitas Teknokrat Muda Indonesia, Lampung sejak Senin (5/11) lalu. Meski sempat mengalami beberapa kendala teknis, mahasiswa ITS tetap mampu menduduki peringkat dua pada cabang perlombaan Racing Plane dan Vertical Take-Off Landing.

Bayucaraka pada ajang ini mengirimkan empat sub-tim untuk berlaga sesuai dengan cabang perlombaan KRTI sendiri, yakni Divisi Racing Plane (RP), Divisi Fixed-Wing (FW), Divisi Vertical Take-off and Landing (VTOL), dan Divisi Technology Development (TD). Dengan tema kesiapsiagaan bencana, pesawat tanpa awak ITS ditantang untuk dapat menanggulangi kondisi saat bencana, seperti mengirimkan logistik ke daerah yang terisolir.

Kompetisi tidak berjalan mudah bagi tim Bayucaraka. Baru memasuki uji coba lapangan sehari sebelum pertandingan, pesawat JJ10v3 dengan nama Wahana yang mengikuti kategori lomba RP tiba-tiba mengalami lost contact. Celakanya, pesawat ditemukan berada dalam lumpur sedalam 15 centimeter. 

“Kejadian ini sangat berbahaya bagi motor pesawat dan perangkat di dalamnya,” ujar Ramadhian Ekaputra, salah satu anggota tim sebagaimana dilansir situs ITS

Sehingga kondisi tak terduga itu mengharuskan tim Bayucaraka bekerja lembur membersihkan dan memperbaiki kondisi pesawat. Beruntung kerja keras seluruh tim berbuah manis setelah pesawat dapat terbang dengan normal keesokannya.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

 

Tags