Komitmen GP Ansor Jaga Indonesia Mendapat Apresiasi Presiden Jokowi

 
Komitmen GP Ansor Jaga Indonesia Mendapat Apresiasi Presiden Jokowi

LADUNI.ID, Pekalongan - Langkah dan komitmen GP Ansor dalam menjaga Indonesia mendapat apresiasi luar biasa dari Presiden Republik Indonesia H Joko Widodo. Dalam hal ini presiden juga mendorong agar komitmen itu terus dilakukan dengan terus menebar pemahaman tentang Islam yang ramah dan menyatukan.

Presiden Jokowi menyampaikan hal ini dalam acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad dan Hari Pahlawan yang diadakan oleh Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor di Alun-Alun Kajen, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Kamis (22/11) malam.

“Gerakan Pemuda Ansor indra semangat asli Indonesia,” ungkapnya.

Selain itu, presiden juga menambahkan bahwa langkah GP Ansor terlihat dalam tiga hal utama. Yaitu, pertama, GP Ansor selalu di depan depan Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Kedua, GP Ansor memiliki komitmen untuk menjaga Indonesia dari ancaman terorisme dan sparatisme. Ketiga, GP Ansor memiliki ketulusan sebagai pejuang Islam yang ramah dan mendorong pada persatuan dan kesatuan.

“Pancasila adalah ideologi bangsa yang tidak bisa diganti dengan ideologi impor,” tegas Presiden Jokowi.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum GP Ansor, H. Yaqut Cholil Qoumas juga menyatakan mengenai komitmennya untuk terus istiqamah menjaga Indonesia sebagai negara yang telah disepakati oleh para ulama dan pendiri bangsa sebagai rumah bersama.

"Pancasila sudah final, pesan rahmah itu pula yang melatarbelakangi para ulama untuk menyepakati Indonesia sebagai rumah bersama," terangnya.

Pada kesempatan itu juga Gus Yaqut Cholil Qoumas melaporkan kegiatan-kegiatan GP Ansor yang memiliki muatan positif bagi kuatnya nasionalisme kebangsaan warga negara Republik Indonesia.

“Kami juga telah melakukan kirab satu negeri yang melewati 34 Provinsi dan memecahkan dua rekor Muri,” tutur Gus Yaqut.

Setelah sambutan selesai, Gus Tutut menyerahkan Pataka Merah Putih yang telah diarak di 34 Provinsi kepada Presiden RI. Penyerahan itu didampingi oleh Kasatkornas Banser, Alfa Isnaeni dan disaksikan oleh para ulama serta seluruh peserta yang hadir.