Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Menghadapi Permasalahan, Siapa Takut!

 
Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Menghadapi Permasalahan, Siapa Takut!

Assalamu’alaikum wr wb.
Mbak Nur, saya Vina, 20 tahun. Mau curhat nih mbak. Saya sering melarikan diri dari masalah yang saya hadapi. Misalnya, saya bermasalah dengan teman saya, saya akan mendiamkan dan menghindarinya.

Begitu pun masalah-masalah yang lain. Saya menyadari hal ini merupakan kebiasaan yang buruk, namun saya terkadang bingung harus bagaimana menghadapi permasalahan saya. Mohon pencerahannya dong mbak. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.
Wassalamu’alaikum wr wb. 

Vina di Balikpapan

Tanggapan:


Wa’alaikumsalam wr wb. 
Hai Vina, setiap orang tentu mempunyai permasalahan entah itu besar atau kecil. Ingat-ingat yuk Firman Allah SWT dalam surat Al – Baqarah ayat 286 yang artinya

“Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya…”

Baca Juga: Bagaimana kita dapat bersifat lebih dewasa 

Jelas sekali dalam ayat tersebut bahwa Allah tidak membebani seseorang di luar batas kemampuan kita. Apabila kita bingung menghadapi permasalahan, ingat-ingat dulu ayat ini ya, jadi kita tidak akan berputus asa atau melarikan diri dalam menghadapi masalah.

Berdiam diri tidak akan membuat masalah kita selesai, apalagi menunda permasalahan akan membuat situasi menjadi semakin rumit. 
Mbak Nur akan berbagi beberapa tips dalam menghadapi permasalahan yang bisa kamu terapkan, simak yuk :
 

1. Berdo’a
Apapun masalah yang kamu hadapi, selalu dekatkan diri pada Allah. Hal ini memberikan rasa tenang, membuat kita berpikir lebih jernih dalam mengurai permasalahan dan menemukan solusi. Berdo’a juga memperkuat mental kita dalam menghadapi masalah. 
 

Baca Juga: Bagaimana cara mengatasi prokrastinasi pada orang dewasa?

2. Berpikir positif
Usahakan untuk tetap berpikir positif, karena hanya dengan berpikir positif kita bisa melihat sisi yang baik dari permasalahan kita. Berpikir positif membuat kita terhindar dari perasaan tertekan yang bisa membuat seseorang depresi. 
 

3. Objektif
Kendalikan emosimu agar kamu bisa bersikap objektif. Sikap objektif ini membuat kita bisa melihat permasalahan dari berbagai sudut pandang dan fokus pada permasalahan kita tersebut. 
 

4. Gunakan Logika
Logika berperan penting dalam penyelesaian masalah, karena dengan logika ini kita mempertimbangkan segala dampak baik dan buruk keputusan yang kita ambil. Tanpa logika dan tanpa pertimbangan bisa membuat kita menyesali keputusan yang telah kita buat. 
 

5. Lepaskan Beban
Lepaskan beban bukan berarti melepaskan masalah ya. Melepaskan beban di sini maksudnya adalah kamu bisa curhat pada orang yang berilmu atau yang berpengalaman. Kamu juga bisa melakukan hobimu, refreshing, berolah raga, mendengarkan musik agar menguraikan pikiranmu. Saat pikiran kita lebih fresh, kita bisa mendapatkan ide-ide untuk menyelesaikan permasalahan. 
 
Okey Vina, semoga dapat membantu dan mencerahkan ya. Ingat, menghadapi permasalahan dapat meningkatkan kualitas hidup dan memperkaya pengalaman hidup kita. 
Tetap semangat !!!
Wassalamu’alaikum wr wb.

 

Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun
Follow IG:  @smu25tahun  dan Facebook: sukses menikah umur 25 Tahun