Bentuk Nyata Kepedulian Terhadap Kesehatan Masyarakat, UGM dan UKDW Gelar Hari Diabetes Sedunia

 
Bentuk Nyata Kepedulian Terhadap Kesehatan Masyarakat, UGM dan UKDW Gelar Hari Diabetes Sedunia

LADUNI.ID,Yogyakarta - UGM bersama dengan UKDW memperingati hari Diabetes Sedunia (World Diabetes Day) 2018. Kedua Kampus yang sama-sama berada di Yogyakarta itu melaksanakan kegiatan World Diabetes Day sebagai bentuk nyata kepedulian terhadap kesehatan masyarakat terutama dalam masalah Diabetes Melitus DM. 

Diabetes mellitus (DM) adalah penyakit gangguan metabolik pada pankreas yang tidak mampu memproduksi cukup insulin atau tubuh tidak dapat menggunakan insulin.

Helen Natalia, Vice Local Coordinator for External Affairs CIMSA UGM 2018 - 2019 Center for Indonesian Medical Students' Activities Universitas Gadjah Mada, mengatakan insulin adalah hormon yang mengatur keseimbangan gula darah dan telah diproduksi secara efektif. Ketidakmampuan memproduksi cukup insulin ini akan menyebabkan peningkatan jumlah glukosa dalam darah.

Data hasil dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 menyebut prevalensi penyakit DM di Indonesia mencapai 1,5 persen. Prevalensi DM di daerah DIY sendiri tergolong tinggi sampai mencapai angka 2,6 persen. Sementara, data dari Dinas Kesehatan Yogyakarta tahun 2017 menyebut jumlah pasien dengan DM terbanyak berada di Puskesmas Gondokusuman 1 dengan jumlah pasien mencapai 410 orang pasien.

“Inilah hal yang memberikan dorongan untuk mengadakan acara World Diabetes Day 2018. Acara terdiri atas tiga rangkaian kegiatan, yaitu internal training, campaign, serta perayaan World Diabetes Day 2018 dalam bentuk pemeriksaan kesehatan dan konsultasi kesehatan," ujar Helen Natalia, di Kampus UGM, Jumat (23/11).

Acara World Diabetes Day 2018 diawali dengan diadakannya campaign (16/11) tentang diabetes di Radio Republik Indonesia bersama dengan dr. Yoseph Leonardo Samodra, MPH dan beberapa member SCOPH yakni Kenzie Ongko Wijaya dan Nona Aurelia sebagai representatif SCOPH CIMSA. Materi yang disampaikan mengenai peran keluarga dalam pencegahan diabetes dan gerakan masyarakat memerangi diabetes.

Dilanjutkan Internal training khusus untuk anggota SCOPH sebagai bekal persiapan anggota SCOPH CIMSA UGM dan SCOPH CIMSA UKDW melaksanakan acara World Diabetes Day 2018, di Auditorium Ismangoen FK-KMK UGM  tanggal 17 November 2018. Internal Training diawali dengan pemaparan materi oleh trainer PHLT, Ariana Maharani dengan judul Diabetes Mellitus, a Public Health Concern. Setelah itu, member SCOPH diberikan pelatihan melakukan pemeriksaan tekanan darah dan kadar gula darah sewaktu secara berkelompok.

“Dengan diadakannya internal training ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan member mengenai diabetes dan mengasah kemampuan mereka dalam melakukan pemeriksaan kesehatan dan edukasi sederhana," kata Helen.

Sebagai penutup kegiatan World Diabetes Day 2018  digelar di Embung Langensari pada 18 November 2018. Rangkaian penutupan diawali dengan senam sehat bersama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta. Dilanjutkan dengan talkshow dari dr. M. Robhikul M.Kes SpPD KEMD, perwakilan Persatuan Diabetes Indonesia.

Tak kalah menariknya diadakannya sharing bersama penderita diabetes dari Prolanis Jogjakarta. Kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh member CIMSA UGM dan CIMSA UKDW, serta konsultasi kesehatan oleh tim Persatuan Diabetes Indonesia, yaitu dr. Anita Septiana Maria, dr. Carolina Hajir, dan dr. Ana Khairina serta alumni CIMSA UGM yakni dr. Muhammad Herdhana Ash Shidiqi, S.E.

“Kita berharap dengan kolaborasi projek ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan kepada masyarakat dan sebagai wujud nyata kepedulian generasi muda kepada perkembangan kesehatan Indonesia yang lebih baik," papar Helen.