KH. Ma'ruf Amin Kembali Sapa Masyarakat Banten

 
KH. Ma'ruf Amin  Kembali Sapa Masyarakat Banten

LADUNI.ID, Serang - KH Ma’ruf Amin (KMA) sepertinya tidak betah istirahat terlalu lama. Ulama yang juga calon wakil presiden nomor urut 01 tersebut kembali menyapa masyarakat setelah beberapa hari harus istirahat.

Ya, KMA menyambangi ribuan masyarakat kabupaten dan Kota Serang, serta Cilegon, di  Pondok Pesantren, An-Nawawi Tanara, Serang, Banten, Minggu (16/12/2018). Kedatangan mantan Rais Aam PBNU itu disambut antusias masyarakat.

Dalam acara bertajuk Silaturhmi Nahdliyin itu, KMA mengajak para kiai untuk kembali mengingat sejarah bangsa Indonesia. "Kita harus belajar dari sejarah, bagaimana para pendahulu kita membangun kesepakatan, mitsaq. Berupa NKRI dan Pancasila. Nabi sendiri pernah melakukan mitsaq, kesepakatan untuk kedamaian Madinah," tuturnya.

Di Indonesia, lanjut KMA, para ulama ikut menjaga negara ini dengan luar biasa. Ketika Indonesia sudah memproklamasikan kemerdekaan 17 Agustus, beberapa bulan kemudian, tepanya Oktober, Belanda dan Sekutu ingin merebut Indonesia.

”Para Ulama yang dipimpin Rais Akbar mengeluarkan Resolusi Jihad yang melahirkan semangat Umat Islam untuk melawan penjajah  Belanda,” kata KMA.

"Ulama kita telah membangun kesepakatan tentang konsep dan dasar Negara ini. Sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia, berdasarkan Pancasila. Kita harus menaati dan menjaga kesepakatan itu. Jika dilihat dari isi Pancasila,  apa negara ini islami, ya tentu Indonesia ini negara kebangsaan yang bertauhid, karena ada Sila Ketuhanan yang Maha Esa," tambahnya.