Belaian Lembut pada Bayi Bisa Bebaskan Rasa Sakit

 
Belaian Lembut pada Bayi Bisa Bebaskan Rasa Sakit

LADUNI. ID, KELUARGA - Membelai atau memeluk bayi dengan lembut tidak hanya membuat mereka merasa hangat, tetapi tindakan itu mungkin memiliki efek penghilang rasa sakit. Hal itu berdasarkan penelitian yang dilakukan tim dari Universitas Oxford dan Liverpool John Moores University.

Menurut penelitian, seperti yang dilansir The Indian Express dalam laporan di BBC, membelai bayi dapat membantu membatasi aktivitas di otak yang sering dikaitkan dengan pengalaman menyakitkan.

Penelitian dilakukan dengan memeriksa aktivitas otak 32 bayi saat mereka menjalani tes darah. Hasilnya, bayi yang dibelai sebelum tes menunjukkan hampir 40 persen lebih sedikit aktivitas rasa sakit di otak mereka.

“Sentuhan tampaknya memiliki potensi analgesik tanpa risiko efek samping. Kecepatan membelai mengurangi rasa sakit yang optimal, studi menemukan, adalah sekitar 3cm (1in) per detik. Dan tampaknya kecepatan optimal dengan orangtua umumnya mengelus bayi mereka,” kata Rebeccah Slater, penulis studi di tim peneliti.

“Jika kita dapat lebih memahami dasar-dasar neurobiologi teknik seperti pijat bayi, kita dapat meningkatkan nasihat yang kita berikan kepada orangtua tentang cara menghibur bayi mereka,” tambah dia.


Ketika bayi dibelai pada kecepatan tertentu, sekelompok neuron sensorik di kulit yang disebut C-taktil aferen diaktifkan. Mereka telah dikaitkan dengan mengurangi rasa sakit pada orang dewasa di masa lalu.

"Ada bukti yang menunjukkan bahwa aferen C-taktil dapat diaktifkan pada bayi dan lambat, sentuhan lembut dapat membangkitkan perubahan dalam aktivitas otak pada bayi," kata Profesor Slater. 

"Pekerjaan sebelumnya telah menunjukkan bahwa sentuhan dapat meningkatkan ikatan orangtua, mengurangi stres bagi orangtua dan bayi, dan mengurangi lama tinggal di rumah sakit," sambungnya.

Sumber: sindonews.com