Tujuh Mainan Anak-Anak yang Paling Baik menurut Para Ahli

 
Tujuh Mainan Anak-Anak yang Paling Baik menurut Para  Ahli

LADUNI. ID, KELUARGA  - Dapatkah Anda membayangkan masa kecil dihabiskan tanpa mainan? Tentu tidak mungkin! Anak-anak, kecil atau besar suka bermain dengan semua jenis mainan, baik di dalam maupun di luar ruangan. 

Mainan dapat menguji keterampilan mobilitas, memicu indra, dan membantu anak-anak untuk fokus. Dengan begitu anak-anak menerima banyak manfaat. Akan tetapi, jenis mainan apa yang membantu keterampilan emosional dan kognitif anak dengan baik?  Seperti dilansir Times Of India, berikut ulasannya.

1.Blok bangunan
Teka-teki atau blok bangunan menjadi  mainan yang menggunakan keterampilan mental, kognitif, dan motoric. Ini menjadi mainan pilihan yang sangat baik dan membantu mereka mempertajam kemampuan matematika di usia muda.

2.Bermain kardus
Kardus tak hanya untuk menyimpan sesuatu, tetapi bisa menjadi mainan terbaik anak. Kotak kosong besar ini bisa mendorong anak untuk melakukan keterampilan yang kreatif dan imajinatif. Setiap jenis mainan mendorong anak-anak untuk menggunakan imajinasi dan membuat skenario bagus untuk mengembangkan keterampilan sosial.

3.Kartu 
Karena otak anak-anak masih berkembang dan pada usia yang matang untuk belajar menggunakan kata-kata dan simbol, maka akan lebih baik bagi mereka untuk bermain dengan jenis kartu atau permainan kuis.

4.Blok busa
Mempromosikan aktivitas fisik membantu melacak kebugaran pada anak-anak di usia muda. Mainan, seperti blok busa, trampolin mini mempromosikan aktivitas fisik dalam ruang dalam ruangan. Di luar rumah, memanjakan diri dalam olahraga atau aktivitas kelompok apapun dengan anak-anak seusia mereka juga mempromosikan kebersamaan dan keterampilan sosio-emosional.

5. Mainan tokoh aksi
Banyak orangtua berdebat sebelum membuat anak mereka menjadi tokoh aksi, berpikir bahwa itu dapat meningkatkan kekerasan. Namun, bermain dengan tokoh-tokoh aksi, baik untuk anak perempuan dan anak laki-laki dapat mendorong imajinasi mereka dan memberi mereka panutan untuk mendapatkan inspirasi.

6. Bola 
Bola tak hanya menyenangkan untuk dimainkan, juga sangat sehat untuk perkembangan kesehatan anak. Bola meningkatkan koordinasi tangan-mata, waktu, membantu menjaga berat badan, dan kebugaran. 

Ketika anak-anak bermain bola, mereka juga belajar pelajaran dan nilai-nilai hidup yang penting terkait dengan kemenangan dan kerugian.

7.Boneka tangan
Boneka tangan telah digunakan sejak lama. Ini bukan hanya kegiatan yang mempromosikan nilai-nilai dan komunikasi keluarga, tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial. Boneka tangan mendorong anak-anak untuk menggunakan keterampilan kognitif dan koordinasi mereka untuk bermain dengan boneka.

Sumber : sindonews.com