Bom Kembar Mematikan Hantam Ibu Kota Somalia, 15 Tewas

 
Bom Kembar Mematikan Hantam Ibu Kota Somalia, 15 Tewas

LADUNI.ID, MOGADISHU - Bom mobil kembar mengguncang ibu kota Somalia, Mogadishu. Akibatnya, 15 orang tewas akibat serangan tersebut. Seorang pejabat keamanan, Ibrahim Jama mengatakan, 20 lainnya terluka. 

Serangan bom itu terjadi di pusat Mogadishu, dekat Teater Nasional, istana presiden dan monumen Daljirka Dahson. Gumpalan asap mengepul di jalanan, dan banyak anggota polisi berada di lokasi.

Al-Shabaab, sebuah kelompok militan yang memiliki hubungan dengan al Qaeda, mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut. Klaim itu dimuat dalam sebuah pernyataan yang diposting di sebuat situs yang berafiliasi dengan kelompok militan itu.

"Seorang pembom bunuh diri mengendarai mobil yang penuh dengan bahan peledak ke gerbang istana presiden dan membunuh penjaga presiden," bunyi pernyataan itu seperti dikutip dari CNN, Sabtu (22/12/2018).

Dalang di balik serangan kembar itu ditahan oleh Badan Intelijen Nasional negara itu, kata para pejabat di Twitter.

Seorang jurnalis senior, Awil Dahir Salad, menjadi korban tewas dalam serangan itu. Salad adalah anggota staf Universal Somali TV.

Ledakan itu merupakan yang terbaru dari serangkaian peristiwa yang menghantam Ibu Kota.

Somalia telah menjadi fokus reguler upaya-upaya penanggulangan teror Amerika Serikat (AS). Serangan udara AS yang menargetkan al-Shabaab telah menewaskan 62 militan di negara Afrika Timur bulan ini, kata Komando Afrika AS, awal pekan ini.

Amerika Serikat mendirikan kembali kehadiran diplomatik permanen

Sumber : sindonews.com