UNS Masuk dalam Peringkat UI Green Metric World University pada 2018

 
UNS Masuk dalam Peringkat UI Green Metric World University pada 2018

LADUNI.ID,Surakarta - Universitas Sebelas Maret (UNS) berhasil masuk ke dalam peringkat UI Green Metric World University pada 2018. Pada tahun ini, UNS menduduki peringkat ke-7 se-perguruan tinggi di Indonesia dan ke-101 se-perguruan tinggi di dunia.

“Kado akhir tahun 2018 UNS mendapat Green Campus Award dr UI Green Metric sebagai peringkat 7 PT di Indonesia dan 101 PT di dunia. Semoga barokah untuk semua,” tulis Rektor UNS Ravik Karsidi seperti dikutip LADUNI.ID dalam laman facebooknya, Jakarta, Kamis (27/12/2018).

Menurut Ravik dengan predikat Green Campus Award, seluruh perguruan tinggi yang berpartisipasi di dunia ini harus melewati tahapan yang ketat. Partisipan harus memberikan data numerik pada sejumlah kriteria yang dapat memberikan gambaran komitmennya untuk melakukan penghijauan di area kampus. Mereka juga diharuskan menerapkan kebijakan ramah lingkungan yang mendukung keberlanjutan.

Lebih lanjut Ravik menjelaskan kriteria meliputi informasi dasar seperti pengaturan dan infrastruktur, informasi tentang penggunaan energi, transportasi, penggunaan air, daur ulang dan pengolahan limbah, serta pendidikan dan penelitian. Selain itu, akan ditanyakan upaya yang akan dilakukan menuju pembentukan kebijakan dan manajemen hijau.

Menurut Ravik dari enam kriteria tersebut, UNS berhasil mendapatkan total skor 6.600 dengan rincian pengaturan dan infrastruktur (900 poin), informasi tentang penggunaan energi (1.225 poin), transportasi (1.200), penggunaan air (650 poin), daur ulang dan pengolahan limbah (1.275 poin), serta pendidikan dan penelitian (1.350 poin).

Pemeringkatan yang diluncurkan Universitas Indonesia pada 2010 ini diharapkan dapat mengurangi jejak karbon pada perguruan tinggi yang mampu memerangi perubahan iklim global.