Pendidikan Kader Ahlussunah Waljama'ah PCNU Kota Depok, KH Zainuddin: Belajar Ilmu Harus Bersanad

 
Pendidikan Kader Ahlussunah Waljama'ah PCNU Kota Depok, KH Zainuddin: Belajar Ilmu Harus Bersanad

LADUNI.ID, Depok - Mustasyar Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Hamidiyah Depok Jawa Barat, KH Zainuddin Maksum Ali mengatakan berguru harus punya sanad keilmuan yang sampai kepada kanjeng Nabi saw.

"Jangan sampai kita belajar tanpa sanad guru karena akan berakibat terombang ambing dalam kerancuan pola pikir dan pemahaman," ujar KH Zainuddin dalam sambutan pada acara Pendidikan Kader Ahlussunah  Waljama'ah di Masjid Al-Hamidiyah Depok, Sabtu, (29/12/2018). 

Apalagi, kata kiai Zainuddin, sekarang sedang era digital dimana informasi menjamur seperti sampah.

Menurut kiai Zainuddin Ponpes yang tak mempunyai kesambungan guru bukan bagian dari Ahlussunah Wal Jama'ah.

"Maka seperti itu pula kalau ada yang bikin pesantren tidak punya guru atau sanad keilmuan, maka pesantrennya bukan berakidah ahlu sunnah wal jamaah dan diragukan," terangnya.

Kiai Zainuddin juga menyinggung tentang situasi aktual bangsa ini yang masyarakatnya mudah terprovokasi. Iapun meminta warga NU tetap menjaga kesatuan bangsa ini.

"Maka warga NU perlu berlapang dada dengan situasi tersebut," tuturnya.

Ia berharap warga NU progresif dan pro-aktif dalam dakwah dalam era sekarang dan tetap berusaha menjaga ke-NU an kapanpun dimanapun. 

"Menjaga NU berarti menjalankan akidah ahlusunnah wal jamaah. Di NU jangan Jarkoni iso ngajar ga iso ngelakoni," tegasnya.

(srf/srf)