Bidik Kalangan Remaja, Begini Upaya LDNU Jombang Cetak Kader Dakwah

 
Bidik Kalangan Remaja, Begini Upaya LDNU Jombang Cetak Kader Dakwah

LADUNI.ID, Jombang - Saat ini, Pengurus Cabang (PC) Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Jombang, Jawa Timur membidik kalangan remaja di sekolah dan kampus untuk menjadi kader dakwah NU.

Hal ini didiskusikan jajaran pengurus LDNU, Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMINU), Aswaja NU Center (Asnuter), Pagar Nusa, Ansor, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), dan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) di Aula Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jombang, Sabtu (5/1) malam.

Menurut pemaparan Ketua PC LDNU Jombang Aang Fatihul Islam, calon kader dakwah NU di tingkat remaja itu akan dibidik melalui Pelatihan Kader Dakwah Nahdlatul Ulama (PKDNU) pada 27-28 Januari 2018 di Universitas Darul Ulum (Undar) mendatang.

"Ini PKDNU khusus remaja, PKDNU yang biasanya beda. Hal ini karena ada indikasi banyak ideologi ekstrim yang begitu masif sunyi senyap bergerak ke tataran remaja," jelasnya.

Selain itu, dosen di STKIP PGRI Jombang ini menyebutkan, sejak beberapa waktu lalu LDNU seringkali menggelar kajian dan diskusi yang cukup serius terkait perkembangan pola dakwah sebelum memutuskan menyelenggarakan PKDNU khusus remaja.

"PKDNU remaja adalah program baru berdasarkan pembacaan yang cukup mendalam terkait generasi muda NU yang kondisi saat ini berada di sekolah dan kampus," tuturnya.

Dia juga menambahkan bahwa, dari hasil kajian dan diskusi tersebut kemudian ada titik temu, bahwa para remaja perlu ada pendampingan khusus dakwah ala NU, agar mereka bisa membentengi diri dan juga menyebarluaskan dakwah NU.

"Kami memandang perlu segera dirawat dan dibekali strategi khusus dalam dakwah agar corong LDNU ditingkatan remaja terbentuk," pungkas Aang.