Sholawat Ro’uf Rohim dan Manfaatnya

 
Sholawat Ro’uf Rohim dan Manfaatnya
Sumber Gambar: KibrisPdfsandipo

LADUNI.ID, Jakarta – Bismillahirrahmanirrahim. Tiada untaian kata yang pantas diucapkan seorang hamba dan syukur kehadirat Allah subhanahu wa ta'ala, semoga rahmat dan karunia-Nya selalu menyertai setiap langkah-langkah kita dalam penghambaan kepada-Nya.

Tak lupa pula, shalawat serta salam tetap tercurahkan kepada manusia paling mulia, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, keluarga, para sahabat, dan para pengikutnya yang selalu istiqamah dalam menjalankan risalahnya hingga akhir zaman.

Menyelami kepribadian Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa sallam bagaikan menyelami samudera tak bertepi, sosok yang memiliki keindahan dan pesona tanpa batas.

Dalam kitab Syarah Shalawat Dardiriyah yang berjudul Al-Asrorur Robbaniyyah karya Syaikh Ahmad Ash-Shawi al-Maliki , shalat Ro’uf Rohim ini dimasukkan dalam barisan sholawat tsutaliyyat atau sholawat yang dibaca minimal tiga kali.

Syaikh Shawi menyebut, teks sholawat ini sangat indah dan maknanya penuh berkah. Ada yang menyebut, orang yang mengamalkan shalawat Ro'uf Rohim (dua nama di antara ratusan nama Rasulullah SAW seperti dalam Surat At-Taubah: 128), ia akan mendapatkan kewibaan dari Allah SWT di hadapan orang lain.

لَقَدْ جَاۤءَكُمْ رَسُوْلٌ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ عَزِيْزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيْصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِيْنَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ (١٢٨)

“Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin.”(Qs. At-Taubah 9:128)

Berikut teks Sholawat Ro’uf Rohim selengkapnya:

[الرؤوف الرحيم]

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ الرَّؤُوْفِ الرَّحِيمِ، ذِي الْـخُلُقِ الْعَظِيمِ، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَأَزْوَاجِهِ فِي كُلِّ لَحْظَةٍ عَدَدَ كُلِّ حَادِثٍ وَقَدِيمٍ (3 مرات)

Allaahumma shalli wa sallim wa baarik ‘alaa sayyidinaa Muhammadir Rou'fr Rahim, dzil Khuluqil ‘Adziim, wa ‘alaa aalihi wa ashhaabihi wa azwaajihi fi kulli lahdzatin ‘adada kulli haaditsin wa qadim.

Artinya:
“Ya Allah, berilah shalawat, berilah salam, dan berkahilah junjungan kami Sayyidina Muhammad yang begitu welas dan begitu penyayang, yang memiliki akhlak yang agung dan juga bershalawatlah, bersalamlah dan berkahilah keluarga beliau, para sahabat beliau, para istri beliau, dalam setiap kedipan mata sebanyak hitungan segala yang baru terjadi dan yang sudah terjadi.”

Demikin Penjelasan Singkat dari Kami tentang manfaat Sholawat Ro’uf Rohim. Semoga kita bisa mendapatkan hikmah dan manfaat untuk memprovokasi diri menjadi pribadi powerful dengan meniru sikap dan perilaku Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa sallam. Aamiin Allaahumma Aamiin.
Wallahu a’lam bishshowaab.

Sumber :  Kitab Al-Asror Rabbaniyyah wal Fuyudhatur Rahmaniyyah