Ziarah Makam KH. Idris Lumpur, Muasis Pesantren Yanbu'ul Ulum Brebes

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah Makam KH. Idris Lumpur, Muasis Pesantren Yanbu'ul Ulum Brebes

 

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - KH. Idris Lumpur beliau ulama kharismatik dari Dusun Lumpur Brebes. Beliau merintis pondok pesantren di Dusun Lumpur, Losari, Brebes, awal mula pesantren bernama pesantren Lumpur setelah beliau wafat pesantren diberi nama Yanbu'ul Ulum. Pesantren ini menjadi salah satu tertua di Jawa tengah.

Beliau bersahabat karib dengan Syekh Mahfudz Termas, salah satu putera beliau pernah menjadi asisten pribadi Syiekh Mahfudz Tremas dalam menulis kitab.

Profil

KH. Idris Lumpur lahir di sebuah dusun kecil yang terletak di sebelah utara kecamatan Losari Cirebon, tepatnya di Desa Kalirahayu. Beliau merupakan anak kedua dari pasangan Kiai Ahmad Sholeh dan Nyai Musyarofah. Tidak diketahui tahun berapa beliau lahir, namun dapat diketahui bahwa beliau satu zaman dengan Syekh Mahfudz Termas.


Untuk kelanjutannya tentang Profil beliau silahkan baca di Biografi KH. Idris Lumpur

Guru-Guru Beliau
      1. Kiai Ahmad Sholeh
      2. Syekh Abu Bakar bin Syattha
      3. Syeikh Zaini Dahlan

Lokasi Makam

 Pada tahun 1915, KH. Idris wafat. Atas pesannya, beliau dimakamkan di sebelah utara Dusun Lumpur, di bawah kedung yang ada di tengah-tengah sungai. Saat ini, kedung tersebut telah menjadi pemakaman umum masyarakat Desa Limbangan.

 

 

 

Haul

Haul KH. Idris Lumpur diadakan setiap tahun sekali di Pondok pesantren Yanbu'ul Ulum, Lumpur, Brebes. Haul beliau diperingati pada bulan Sya'ban untuk tanggal haul akan diberitahukan pihak keluarga besar Pondok Pesantren Yanbu'ul Ulum.

 

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani

1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah

Makam KH. Idris Lumpur banyak dikunjungi para peziarah dan santri. Tak hanya datang dari wilayah Brebes saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa yang berziarah di makam beliau yang berada di Komplek pemakaman umum, Dusun Lumpur, Losari, Brebes.

Ada keyakinan dari masyarakat dan santri yang datang ke sana bahwa dengan berziarah, berdoa dan bertawassul di makam KH. Idris Lumpur, dibukakan akal pikiran dan hatinya dalam menerima ilmu, dimudahkan dalam hajatnya, dan dimudahkan dalam mendapatkan jodoh.

Peninggalan

Beliau adalah pendiri pesantren Yanbu'ul Ulum lumpur Brebes

Pondok Pesantren Yanbu’ul Ulum atau yang lebih dikenal dengan Pondok Lumpur adalah salah satu pesantren tertua di Jawa Tengah, didirikan oleh KH. Idris Lumpur pada tahun 1874. Pesantren yang terletak di Desa Lumpur, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah.

Oleh-oleh

Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Brebes di antaranya:
Kerupuk Tulang Bandeng, Crispy Ikan Serinding, Abon Ikan Bandeng, Ikan Bandeng, Bawang Merah, Kerupuk Rumput Laut, Bawang Goreng, Telur Asin,  Telur Asin, Tumis Kulit Melinjo, Mendoan, Rujak Belut, Keripik Rumput Laut.