Nasihat Rasulullah SAW kepada Abu Dzar Al-Ghifari dan Seluruh Umat Islam

 
Nasihat Rasulullah SAW kepada Abu Dzar Al-Ghifari dan Seluruh Umat Islam
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Salah satu Sahabat Nabi Muhammad SAW yang sangat setia adalah Abu Dzar Al-Ghifari. Ia adalah sosok yang sangat tekun belajar dan teguh dalam memegang prinsip meski taruhannya adalah nyawa.

Suatu ketika ia pernah dipukuli oleh orang Kafir Quraisy sebab menyatakan keislamannya secara terang-terangan dan sangat lantang di hadapan mereka. Kejadian ini terulang dua kali, tetapi dia tetap tak gentar sama sekali. Untungnya saat itu dia dilindungi oleh paman Nabi, Abbas r.a.

Sebelum masuk Islam, Abu Dzar adalah seorang perampok yang tidak ada rasa takut sama sekali. Namun, ketika ia mendengar ada agama baru yang dibawa oleh seorang Nabi bernama Muhammad di Makkah, maka ia berangkat sendirian ke sana untuk menemui beliau. Setelah bertemu Nabi ia langsung menyatakan keislamannya dengan terang-terangan.

Abu Dzar juga terkenal sebagai sosok Sahabat Nabi yang anti penindasan dan tidak mau kompromi dengan siapa pun yang bertentangan dengan prinsip Islam. Seakan ia memang terlahir sebagai pemberontak ulung yang tak ada rasa takut sama sekali dalam melawan kejahatan.

Rasulullah juga pernah mengomentari tentang dirinya, bahwa ia adalah seorang yang datang sendirian, hidup dalam kesendirian dan akan meninggal dalam kesendirian. Hadis ini diriwayatkan dari Abdullah Ibnu Mas’ud, Rasulullah SAW bersabda:

رَحِمَ اللهُ أَبَا ذَرٍّ يَمْشِيْ وَحْدَهُ وَيَمُوْتُ وَحْدَهُ وَيُبْعَثُ وَحْدَهُ

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN