Khutbah Jumat: Manifestasi Sifat Qona’ah, Menata Hati Mencukupkan Diri

 
Khutbah Jumat: Manifestasi Sifat Qona’ah, Menata Hati Mencukupkan Diri
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

KHUTBAH I

إِنَّ الْحَمْدَ للهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللهُمّ صَلّ وَسَلّمْ وبارك على سيدنا ونبينا مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وَأَصْحَابِهَ أَجْمَعِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ،

فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. قَالَ الله تَعَالَى: وَلَا تَتَمَنَّوْا مَا فَضَّلَ اللَّهُ بِهِ بَعْضَكُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ ۚ لِلرِّجَالِ نَصِيبٌ مِمَّا اكْتَسَبُوا ۖ وَلِلنِّسَاءِ نَصِيبٌ مِمَّا اكْتَسَبْنَ ۚ وَاسْأَلُوا اللَّهَ مِنْ فَضْلِهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمًا.

Hadirin sidang Jumat yang berbahagia,

Mari kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat dan karunia yang telah dianugerahkan secara paripurna kepada kita semua. Shalawat serta salam semoga dilimpahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW.

Allah dan Rasul-Nya telah memberikan tuntunan kepada kita untuk dapat menempuh jalan kebaikan, bertakwa, melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangannya-Nya.

Hadirin Rahimakumullah,

Di tengah kehidupan yang serba terbuka saat ini, suka atau tidak suka, mau atau tidak mau, kita sering disuguhi informasi dan tontonan tentang perilaku sebagian manusia yang seolah tidak pernah merasa cukup dengan nikmat yang telah Allah anugerahkan kepada dirinya.

Meski dimudahkan memperoleh banyak harta, dilapangkan jalan pekerjaan, mulia memiliki keluarga, serta diberi kesehatan dan panjang usia, namun sebagian jiwa abai, lupa diri, tidak menata hati, tidak mensyukuri, dan tidak mencukupkan diri. Sehingga alih-alih bahagia, yang dialami hanyalah nestapa. Aih-alih bersyukur, yang ada malah kufur.

Allah SWT telah mengingatkan di dalam firman-Nya, Surat Ibrahim ayat 7.

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

Artinya, “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih."

Azab tidak selalu dimaknai sebagai hukuman di Akhirat, melainkan bisa juga berupa konsekuensi buruk yang diterima dalam kehidupan ini. Bagi hamba yang bersyukur, Allah akan memuliakan, bagi mereka yang kufur, dalam sekejap Allah dapat menjatuhkannya ke dalam lubang kehinaan. Tidak ada yang mustahil bagi-Nya, Kehendak-Nya adalah sebuah keniscayaan.

Dalam Surat Ali Imran ayat 26, Allah menegaskan:

قُلِ اللّٰهُمَّ مٰلِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِى الْمُلْكَ مَنْ تَشَاۤءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاۤءُۖ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاۤءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاۤءُ ۗ بِيَدِكَ الْخَيْرُ ۗ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Artinya, “Katakanlah: Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Hadirin Sidang Jumat Rahimakumullah,

Merasa tidak cukup, rakus, memang itu adalah salah satu godaan terbesar dalam kehidupan duniawi. Bahwa manusia memiliki nafsu, itu adalah sunnatullah, lumrah, sesuatu yang dikendaki Allah, dan memang itu cara Allah memuliakan manusia. Dengan anugerah nafsu dan akal yang dimilikinya, manusia menjadi makhluk yang lebih mulia dari hewan atau bahkan malaikat, tapi pada saat yang sama manusia bisa lebih hina dari binatang melata, jika dikuasi oleh nafsunya.

Kata “nafsu” berasal dari Bahasa Arab, “An-Nafs”, yang secara harfiyah bisa bermakna “diri”, atau bisa juga berarti “jiwa”. Al-Quran sendiri menjelaskan bahwa ada 3 jenis “An-Nafs” dalam setiap diri manusia:

Pertama, An-Nafs Al-Ammarah, yakni bagian diri kita yang cenderung mengajak pada keburukan, syahwat, dan hawa nafsu. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendengar kalimat, “Jangan mengikuti nafsu amarah”.

Mengenai hal ini, Allah SWT berfirman dalam Surat Yusuf ayat 53:

وَمَآ اُبَرِّئُ نَفْسِيْۚ اِنَّ النَّفْسَ لَاَمَّارَةٌ ۢ بِالسُّوْۤءِ اِلَّا مَا رَحِمَ رَبِّيْۗ اِنَّ رَبِّيْ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Artinya, “Sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku.”

Kedua, An-Nafs Al-Lawwamah, yakni bagian dari jiwa kita yang sering berfungsi sebagai rem, mencela tindakan-tindakan buruk yang dilakukan, menyesali perbuatan maksiat, dan mengingatkan untuk kembali kepada kebaikan. Inilah yang disebut sebagai “Ad-Dhamir”, atau kita mengenalnya dengan istilah hati nurani.

Dalam Surat Al-Qiyamah ayat 2, Allah SWT bersumpah:

وَلَآ اُقْسِمُ بِالنَّفْسِ اللَّوَّامَةِ

Artinya, “Dan aku bersumpah dengan jiwa yang amat menyesali (dirinya sendiri).”

Ketiga, An-Nafs Al-Muthmainnah, yakni bagian dari jiwa kita yang selalu merasa nyaman dalam kebaikan, ridho atas segala kehendak Allah, pandai menata hati dan menahan diri, sehingga selalu merasa cukup dengan dengan rezeki yang diterimanya. Jiwa ini yang diseru oleh Allah dalam Surat Al-Fajr ayat 27-30. Allah SWT berfirman:

يٰٓاَيَّتُهَا النَّفْسُ الْمُطْمَىِٕنَّةُۙ ارْجِعِيْٓ اِلٰى رَبِّكِ رَاضِيَةً مَّرْضِيَّةً ۚ فَادْخُلِيْ فِيْ عِبٰدِيْۙ وَادْخُلِيْ جَنَّتِيْ

Artinya, “Wahai jiwa yang tenang, kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridlai-Nya, masuklah menjadi bagian dari hamba-hamba-Ku, masuklah ke dalam surga-Ku.”

Tugas kita sebagai manusia adalah memilih dan mengendalikan nafsu yang memang menjadi bagian dari diri kita itu. Kita perlu terus menata hati, dan mencukupkan diri. Godaan pasti ada, keinginan pasti tak berbilang, apalagi jika saat ini kita sedang memegang amanah jabatan, harta melimpah, dan fasilitas mencukupi.

Hadirin Rahimakumullah,

Ironisnya, dalam sebagian sketsa kehidupan yang kita saksikan, watak rakus dan merasa tidak cukup justru banyak dimiliki oleh mereka yang kebutuhan duniawinya sudah dicukupkan oleh Allah SWT, rezekinya tidak berkekurangan, jabatannya tinggi, keinginannya pun hampir selalu terpenuhi. Sementara, mereka yang hidupnya pas-pasan, prihatin, didera kekurangan, papa, rezekinya “seret”, tidak jarang malah lebih dapat mensyukuri sekecil apapun nikmat yang diterima, sehingga mereka lebih dapat menemukan kebahagiaan.

Kesejahteraan dan kecukupan duniawi memang sebuah kebutuhan. Islam sama sekali tidak melarang umatnya untuk menjadi orang kaya. Allah bahkan menempatkan orang yang dermawan di tempat mulia. Dermawan artinya memiliki banyak harta. Kewajiban kita adalah untuk tidak berlebih-lebihan dan tidak lepas kendali dalam mencari rezeki, karena Allah sendiri mengingatkan bahwa semua yang diberikan itu bisa jadi adalah sebuah ujian.

Dalam Surat Al-Anfal ayat 28 Allah SWT berfirman:

وَاعْلَمُوْٓا اَنَّمَآ اَمْوَالُكُمْ وَاَوْلَادُكُمْ فِتْنَةٌ ۙوَّاَنَّ اللّٰهَ عِنْدَهٗٓ اَجْرٌ عَظِيْمٌ ࣖ

Artinya, “Dan ketahuilah bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah ada pahala yang besar.”

Hadirin Rahimakumullah,

Dalam berbagai kesempatan, Nabi mengajarkan bahwa hakikat kebahagiaan bukan terletak pada kekayaan seseorang yang melimpah, melainkan jika ia mampu bersikap qona’ah (merasa cukup). Qonaah adalah sebuah sikap atau perilaku menerima dengan rela segala keadaan, menerima apapun keputusan Allah tanpa mengeluh, sembari tetap berikhtiar dan berusaha sampai habis batas kemampuannya. Ajaran normatif ini tampak sederhana, namun faktanya tidak selalu mudah orang mempraktikannya.

Qonaah, merasa cukup, adalah kunci agar jiwa mendapat ketenangan dan kebahagiaan. Seseorang yang qona’ah, akan selalu merasa tenteram, jauh dari watak tamak atau serakah. Kalau pun melihat orang lain memperoleh kebaikan, harta, atau pangkat duniawi melebihi dirinya, ia akan turut berbahagia, dan tidak pernah berangan-angan untuk merebut kebaikan itu, apalagi berupaya dengan menghalalkan segala cara.

Dalam surat An-Nisa’ ayat 32 Allah berfirman:

وَلَا تَتَمَنَّوْا مَا فَضَّلَ اللّٰهُ بِهٖ بَعْضَكُمْ عَلٰى بَعْضٍ ۗ لِلرِّجَالِ نَصِيْبٌ مِّمَّا اكْتَسَبُوْا ۗ وَلِلنِّسَاۤءِ نَصِيْبٌ مِّمَّا اكْتَسَبْنَ ۗوَسْـَٔلُوا اللّٰهَ مِنْ فَضْلِهٖ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمًا

Artinya, “Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu, lebih banyak dari sebahagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”

Hadirin Sidang Jumat Rahimakumullah,

Akhirnya, mari kita renungkan sabda Kanjeng Rasulullah SAW dalam Hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, dari Sahabat Abu Hurairah r.a:

لَيْسَ الْغِنَى عَنْ كَثْرَةِ الْعَرَضِ وَلَكِنَّ الْغِنَى غِنَى النَّفْسِ

 Artinya, “Kaya (hakiki) itu bukan karena banyak harta, melainkan kaya hati.”

بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ وَنَفَعَنِيَ اللهُ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْأَيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ، أَقُوْلُ مَا تَسْمَعُوْنَ، وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.

 

KHUTBAH II

اَلْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُوْرِ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ، أَشْهَدُ أَنْ لَا اِلَه َإِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيْنَ الطَّاهِرِيْنَ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ وَعَلَى التَّابِعِيْنَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنَ.

أَمَّا بَعْدُ، فَيَا اَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ اِتَّقُوْا اللهَ حَقَّ التَّقْوَى وَرَاقِبُوْهُ فِي السِّرِّ وَالنَّجْوَى. فَقَالَ تَعَالَى فِي الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ: إِنَّ الله وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا.

***

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ يَا قَاضِيَ الْحَاجَاتِ. اَللَّهُمَّ لَا تَدَعْ لَنَا ذَنْبًا اِلَّا غَفَرْتَهُ وَلَا هَمًّا اِلَّا فَرَّجْتَهُ وَلَا دَيْنًا اِلَّا قَضَيْتَهُ وَلَا مَرِيْضًا اِلَّا شَفَيْتَهُ وَلَا مَيْتًا اِلَّا رَحِمْتَهُ وَلَا حَاجَةً اِلَّا قَضَيْتَهَا وَيَسَّرْتَهَا يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ.

اَللَّهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا الْبَلَاءِ وَالْوَبَاءِ وَالْفِتَنِ وَالْمِحَنِ مَا ظَهَرَمِنْهَا وَمَا بَطَنَ مِنْ بَلَدِنَا إِنْدُونِيْسِيَّا خَاصَّةً وَمِنْ سَائِرِ بُلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً.

اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ لَنَا دِيْنَنَا الَّذِيْ هُوْ عِصْمَةُ اَمْرِنَا وَأَصْلِحْ لَنَا دُنْيَانَا الَّتِيْ فِيْهَا مَعَاشُنَا وَأَصْلِحْ لَنَا اَخِرَتَنَا الَّتِيْ اِلَيْهَا مَعَادُنَا. اَللَّهُمَّ اجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَادَةً لَنَا فِي كُلِّ خَيْرٍ وَاجْعَلِ الْمَوْتَ رَاحَةً لَنَا مِنْ كُلِّ شَرٍّ. رَبَّنا آتِنا في الدّنيا حَسَنَةً وَفي الآخرة حَسَنَةً  وقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

***

عِبادَ اللهِ، إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ والْإِحْسان وإِيتاءَ ذِي الْقُرْبَى  ويَنْهَى عَنِ الْفَحْشاءِ والْمُنْكَرِوَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. اذْكُرُوا اللهَ العَظِيْمَ الجليل يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوهُ على نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَاسْئَلُوهُ مِنْ فَضْلِهِ يُعْطِكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ والله يعلم ماتصنعون. 


Oleh Prof. Dr. Oman Fathurahman, M.Hum 
(Guru Besar FAH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Pengasuh Pesantren Al-Hamidiyah Depok)

___________

Editor: Hakim