Info Harian Laduni: 30 Oktober 2023

 
Info Harian Laduni: 30 Oktober 2023

Laduni.ID, Jakarta - Bertepatan dengan tanggal 30 Oktober ini menjadi momentum bagi kita semua merayakan hari kelahiran KH. Ahmad Dahlan Ahyad, Beliau lahir pada tanggal 30 Oktober 1885 M bertepatan dengan 13 Muharram 1303 H di Kebondalem Surabaya. Beliau adalah putra keempat dari enam bersaudara dari pasangan KH. Muhammad Ahyad dan Nyai Hj. Mardliyah.

Nasab beliau dari jalur ayah beliau KH. Ahyad merupakan keturunan ketujuh bersambung dengan Sayyid Sulaiman yang dimakamkan di Mojoagung Jombang. Dengan begitu, ayah Kyai Dahlan masih rintisan darah dari Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati Cirebon.

Riwayat pendidikan KH. Ahmad Dahlan Ahyad bermula dari ayahanda beliau sendiri yakni Kyai Achyad, pemangku Pesaantren Kebondalem. Melalui restu orangtua beliau nyantri ke Syaikhona Kholil Bangkalan.  

Kemudian melanjutkan pengembaraan ilmu ke Kyai Mas Bahar Sidogiri Pasuruan. Sayangnya hingga saat ini, masih belum ditemukan data yang akurat apa saja yang dia pelajari di Pesantren Kebondalem.

Setelah lama beliau mengembara mencari ilmu dari pesantren ke pesantren, Kyai Dahlan kembali ke kampung halaman untuk melanjutkan estafet pesantren milik ayahanda beliau. Sayangnya hingga kini tidak ditemukan data yang valid kapan Kyai Dahlan mulai menjadi pengasuh pesantren Kebondalem secara resmi.

Pada tahun 1926 M berdirilah organisasi secara resmi untuk benar-benar menghalau Wahabi, yakni Nahdlatul Ulama’. Organisasi akbar ini dipimpin oleh Hadratus Syaikh KH. Hasyim Asy’ari (Rais Akbar) sedangkan Kyai Dahlan sebagai wakil ketua dan KH. Wahab Chasbullah sebagai sekretaris (Katib Awal). Kedudukan Kyai Dahlan sebagai orang nomor dua di NU kala itu cukup berpengaruh.

Kyai Dahlan Ahyad berpulang pada 20 November 1962 di usia 77 tahun

Untuk Biografi selengkapnya bisa dilihat disini:

Biografi KH. Ahmad Dahlan Achyad

Mari kita sejenak mendoakan beliau, semoga apa yang beliau kerjakan menjadi amal baik yang tak akan pernah terputus dan Allah senantiasa mencurahkan Rahmat-Nya kepada beliau.

Semoga kita sebagai murid, santri, dan muhibbin beliau mendapat keberkahan dari semua yang beliau tinggalkan.

Mari sejenak kita bacakan Yasin dan Tahlil untuk beliau: Surat Yasin, Susunan Tahlil Singkat, dan Doa Arwa