Info Harian Laduni: 2 November 2023

 
Info Harian Laduni: 2 November 2023

Laduni.ID, Jakarta - Bertepatan dengan tanggal 2 November ini menjadi momentum bagi kita semua untuk mengenang kepergian Hj. Rangkayo Rasuna Said. H.R. Rasuna Said meninggal di Jakarta pada 2 November 1965. Jenazah beliau dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

H.R. Rasuna Said lahir pada 14 September 1910 M di Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Beliau berasal dari keluarga bangsawan Minangkabau di mana ayah beliau bernama Muhamad Said merupakan seorang saudagar Minangkabau sekaligus juga seorang aktivis.

Keluarga H.R. Rasuna Said adalah keluarga beragama Islam yang taat. Beliau dibesarkan di rumah paman beliau, karena pekerjaan ayah beliau membuatnya sering tidak berada di rumah. Tidak seperti saudara-saudara beliau, beliau bersekolah di sekolah agama, dan kemudian pindah ke Padang Panjang, di mana beliau bersekolah di Diniyah School, yang menggabungkan mata pelajaran agama dan mata pelajaran khusus.

H.R Rasuna Said sangatlah memperhatikan kemajuan dan pendidikan kaum wanita, beliau sempat mengajar di Diniyah Putri sebagai guru. Namun pada tahun 1930, H.R Rasuna Said berhenti mengajar karena memiliki pandangan bahwa kemajuan kaum wanita tidak hanya bisa didapat dengan mendirikan sekolah, tetapi harus disertai perjuangan Politik.

Pada tanggal 23 Oktober 1932, dalam rapat umum bagian perempuan PERMI di Padang Panjang, H.R. Rasuna menyampaikan pidato publik berjudul "Langkah-Langkah Menuju Kemerdekaan Rakyat Indonesia", di mana beliau mengutuk penghancuran mata pencaharian rakyat dan kerusakan yang dilakukan pada rakyat Indonesia oleh kolonialisme.

Beliau kemudian dijatuhi hukuman 15 bulan penjara, yang membuat beliau menjadi terkenal secara nasional karena jejak dan hukuman beliau dilaporkan secara luas. beliau menggunakan persidangannya untuk menyerukan kemerdekaan, dan menarik dukungan luas. Beliau dipenjara di Semarang, Jawa Tengah. Lebih dari seribu orang datang untuk menyaksikan keberangkatan kapal yang membawanya ke Jawa.

Pada tahun 1937 di Medan, H.R. Rasuna mendirikan perguruan putri. Untuk menyebar-luaskan gagasan-gagasan beliau, beliau membuat koran mingguan bernama Menara Poeteri. Slogan koran ini mirip dengan slogan Bung Karno, "Ini dadaku, mana dadamu". Koran ini banyak berbicara soal perempuan.

H.R Rasuna juga pernah menjadi anggota Dewan Perwakilan Sumatera, dan pada Juli 1947 menjadi anggota Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP), badan legislatif sementara. Menjelang sidang keenam KNIP pada tahun 1949, ia diangkat menjadi Badan Pekerja KNIP mewakili Sumatra. Pada tahun 1950, ia menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Sementara. Pada tahun 1959 beliau diangkat menjadi anggota Dewan Pertimbangan Agung, posisi yang dipegang beliau sampai wafat beliau di Jakarta pada tahun 1965.

Simak biografi lengkap beliau di Biografi Hj. Rangkayo Rasuna Said

Mari kita sejenak mendoakan beliau, semoga apa yang beliau kerjakan menjadi amal baik yang tak akan pernah terputus dan Allah senantiasa mencurahkan Rahmat-Nya kepada beliau.

Semoga kita sebagai murid, santri, dan muhibbin beliau mendapat keberkahan dari semua yang beliau tinggalkan.

Mari sejenak kita bacakan Tahlil untuk beliau: Surat Yasin, Susunan Tahlil Singkat, dan Doa Arwah