Biografi KH. Mursyid Alifi, Pengasuh Pesantren Raudlatul Ulum Malang

 
Biografi KH. Mursyid Alifi, Pengasuh Pesantren Raudlatul Ulum Malang

Daftar Isi

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Wafat
1.3  Riwayat Keluarga

2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1  Mengembara Menuntut Ilmu
2.2  Guru-Guru Beliau
2.3  Mengasuh Pondok Pesantren

3.    Penerus Beliau
3.1  Anak-anak Beliau

4.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
4.1  Karier Beliau

5.    Referensi

1.  Riwayat Hidup dan Keluarga 

1.1 Lahir
KH. Mursyid Alifi dilahirkan pada tanggal 25 November 1944 M di desa Ganjaran.Beliau putra termuda dari 6 bersaudara. Sejak kecil beliau telah menjadi yatim piatu, beliaupun tinggal bersama dengan saudara-saudaranya.

1.2 Wafat
Beliau wafat pada tangga 15 Ramadhan 1410 hijriyah. Menurut cerita KH. Khozin tiada pernah menangis ketika abahnya (KH.Yahya) wafat. Akan tetapi ketika Kyai Mursyid wafat tiba-tiba beliau menangis, KH. Khozin memanggil Ustad Sya’roni ke belakang mushola dengan memegang pundaknya, sambil menangis beliau berkata ”Setelah ini siapa yang akan menjadi temanku?”  Kyai Khozin merasa sangat terpukul karena adanya Kyai Mursyid sangat berperan baik.

1.3 Riwayat Keluarga
Pada tahun 1971 beliau kembali ke desa Ganjaran. Tak lama kemudian beliau dinikahkan oleh KH. Yahya Sabrawi dengan putrinya yang saat itu masih nyantri di Jombang.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan

2.2 Guru-Guru Beliau

  1. KH. Yahya Syabrowi
  2. KH. Kholil Bangkalan
  3. KH. Ramli Tamim

2.3 Mengasuh Pondok Pesantren
Sejak beliau menjadi menantu KH. Yahya Sabrawi, banyak perubahan pada Yayasan Raudlatul Ulum termasuk pada sekolah MI (6 tahun), Muallimin(6 tahun), PGA( saat ini PGA berubah menjadi MA Raudlatul Ulum). Sejak Kyai Mursyid mengelola Madrasah Raudlatul Ulum dan saat itu beliau menjadi kepala sekolah MTS dan MA. Saat itu pula adanya ujian nasional (UN). Pertama kali mengikuti Ujian Nasional MTs para siswa diujikan ke PGA di Jalan Bandung. Setelah itu ujian MA para siswa diajukan ke MAN Batu.

Pada masa awal perkembangannya, Pendidikan di Madrasah Raudlatul Ulum menggunakan metode salaf. Bahkan kebiasaan siswa dalam belajar juga masih berperilaku santri zaman dulu seperti memakai sarung dan bakiak. Tetapi, karena perkembangan zaman, KH.Mursyid dibantu KH.Yahya berinisiatif memasukkan kurikulum dari pemerintah. Semenjak itulah Madrasah Raudlatul Ulum semakin pesat perkembangannya dan semakin diminati masyarakat.

3 Penerus Beliau

3.1 Anak Beliau yang menjadi penerus beliau:
Adib Alifi Mursyid, MA

4. Perjalanan Hidup dan Dakwah

4.1 Karier Beliau

Karier Profesional

  1. Pengasuh Pesantren Raudlatul Ulum 1 Ganjaran Gondanglegi Malang
  2. Kepala sekolah MTS dan MA Raudlatul Ulum
  3. Kepala MAN Filial Batu

5. Referensi

https://www.ppru1.net/2013/05/profil-kh-mursyid-alifi.html

 

 

 

 

 

 

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya