Biografi Syekh Maulana Syamsuddin Pemalang, Sang Penjaga Lautan

 
Biografi Syekh Maulana Syamsuddin Pemalang, Sang Penjaga Lautan

Daftar Isi:

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Wafat

2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan
2.1  Pendidikan
2.2  Guru Beliau

3.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
4.    Referensi

1. Riwayat Hidup dan Keluarga
Syekh Maulana Syamsudin merupakan tokoh penyebar agama Islam yang kondang di pantai utara Pemalang. Beliau merupakan ulama yang besar dengan wawasan tinggi. Pantai utara sendiri, termasuk pantai Widuri Pemalang, sejak dahulu merupakan salah satu jalur utama yang sering disinggahi oleh para Saudagar. Salah satu tokoh ulama di Pemalang sendiri yaitu Syekh Maulan Syamsudin. Beliau merupakan ulama besar yang kondang dan terkenal di Pemalang.

1.1 Lahir
Syekh Maulana Syamsudin memiliki nama lengkap Sayyid Hasan Syamsudin bin Awwad Al Alawi. Lahir sekitar tahun 1700 M atau 1100 H, diperkirakan beliau hidup pada zaman yang sama dengan Sri Sultan Hamengkubuwana I (1717-1792 M). Syekh Maulana Syamsudin mempunyai nama kecil Solechuddin Al Baghdadi.

Beliau berasal dari Baghdad (Irak), dan masih keturunan Syekh Abdul Qadir Al-Jaelani, seorang wali yang kisah hidup (manaqib)-nya sering dibaca oleh sebagian besar masyarkat yang mengagumi dan belajar kepadanya.

Syekh Syamsudin 'Ki Jogo Segoro' atau 'Sang Penjaga Lautan'. Warga sekitar juga sering menyebut dengan julukan 'Mbah Kramat'. Beliau merupakan sosok ulama besar yang tidak hanya ahli dalam wawasan agama. Tetapi juga memiliki wawasan dan keahlian dalam bidang Strategi Kelautan.  

1.2 Wafat
Diperkirakan Syekh Maulana Syamsudin wafat pada tahun 1778 M/1199 H di desa Tanjungsari, kelurahan Sugihwaras, dan dimakamkan di desa tersebut. 

Syekh Maulana Syamsudin wafat ketika sedang mengemban tugas dari Syekh Maulana Maghribi untuk mengantarkan surat kepada Sunan Gunung Jati di Cirebon. 

Makam Syekh Maulana Syamsudin terletak persis di bibir Pantai Widuri, Kelurahan Sugihwaras, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Hingga kini, makam Syekh Maulana Syamsudin di Pantai Widuri Pemalang setiap harinya masih ramai dikunjungi peziarah, baik dari lokal atau luar daerah.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan

2.1 Pendidikan
Pada umur 10 tahun, beliau hijrah dari Baghdad menuju tanah Jawa untuk belajar ilmu agama pada Syekh Maulana Maghribi di Tuban, Gresik, Jawa Timur. Syekh Maulana Syamsuddin berguru selama 20 tahun dengan Syekh Maulana Maghribi, telah mendapat kepercayaan gurunya untuk mengirim surat kepada Sunan Gunung Jati di Cirebon.

2.1 Guru Beliau
Syekh Maulana Maghribi

3. Perjalanan Hidup dan Dakwah
Masuknya Islam di tanah Jawa yang disebarkan oleh Wali Songo pada masa silam tak lepas meninggalkan jejak sejarah. Salah satunya di Kabupaten Pemalang, yakni tentang 'Syekh Maulana Syamsuddin' yang lebih dikenal dengan sebutan 'Ki Jogo Segoro' atau 'Sang Penjaga Laut.'

Dalam perjalanan ke Cirebon, beliau membawa buntelan kain yang berisi kitab-kitab dan Al-Quran. Namun dalam perjalanan ke Cirebon, beliau dicegat gerombolan perampok yang mengiranya seorang Saudagar Kaya.

Melihat buntelan yang dibawa Syekh Maulana Syamsuddin, perampok tersebut mengira sebuah harta dan ingin merubutnya dari mbah kramat. Dalam perlawanan menghadapi gerombolan perampok tersebut, beliau terbunuh.

4. Referensi

  1. info.pemalangkab.go.id
  2. Radar Tegal
 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya