Untuk Perawatan Rambut Sebaiknya Gunakan Minyak Alami

 
Untuk Perawatan Rambut Sebaiknya Gunakan Minyak Alami

LADUNI.ID, Untuk Perawatan Rambut Sebaiknya Gunakan Minyak Alami.Minyak alami tidak hanya baik untuk kulit, tetapi juga untuk perawatan rambut. Sejumlah minyak alami memiliki kemampuan mengatasi berbagai persoalan rambut.

Menurut peneliti dari University of London, Dr Giles Elson, manfaat beragam minyak alami untuk kesehatan dan keindahan rambut sudah terkenal sejak dulu. Minyak alami dipercaya mampu memberikan nutrisi alami dan efektif memperbaiki tekstur rambut dan sekarang kembali menjadi tren.

Elson menerangkan, minyak seperti tea tree oil, coconut oil, rosemary oil, dan eucalptus oil memang sudah terbukti memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, terutama rambut. “Sekarang para ilmuwan di seluruh dunia menemukan bahwa banyak minyak jauh lebih dari sekadar aroma yang harum,” ujar Elson, dilansir dailymail.co.uk.

Coconut oil atau minyak kelapa ternyata bermanfaat untuk menyuburkan rambut dan membuat tampilannya lebih berkilau. Elson menyarankan untuk memijat kulit kepala selama sekitar lima menit dengan minyak kelapa untuk meningkatkan sirkulasi pada pori-pori kepala dan mengisi nutrisi yang hilang. “Jika dilakukan secara teratur, Anda juga dapat terhindar dari serangan ketombe,” ujar Elson.

Sementara itu, menurut ahli kecantikan di New York City, Julie Russak, olive oil atau minyak zaitun adalah minyak alami yang telah digunakan berabad-abad untuk merawat rambut. Russak menjelaskan, vitamin E yang ditemukan dalam minyak zaitun dapat membantu mengurangi ketombe.

Dia menyarankan untuk mencampurkan satu sendok teh minyak zaitun dan perasan lemon, lalu pakaikan ke kepala. Minyak ini juga dikenal ampuh untuk merapikan ujung rambut bercabang. 

Senada dengan Elson, menurut Hair Care R&D Manager PT Unilever Indonesia Tbk Christina Yusuf, gaya hidup back to nature yang kini sedang digemari banyak orang memengaruhi preferensi terhadap produk kecantikan, termasuk memilih kandungan minyak alami untuk perawatan rambut.

“Kami meneliti delapan precious oils yang meliputi argan oil, she butter oil, marula oil, jojoba oil, chia seed oil, brazil nut oil, tea tree oil, dan macadamia nut oil. Kedelapan minyak ini masing-masing memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai persoalan rambut,” ujar Christina saat ditemui di Pelataran Ramayana, Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, Kamis (17/1).

Dia menjelaskan, argan oil cukup terkenal dan sering digunakan untuk berbagai produk. Manfaat terbesar minyak ini adalah membuat rambut berkilau, lebih lembap, dan mudah diatur. Sementara she butter oil dapat melindungi rambut dari sinar matahari, juga mencegah rambut patah.

Adapun marula oil kaya akan kandungan antioksidan. Kandungan ini dapat membantu melawan polusi di lingkungan sehari-hari. Minyak ini juga dapat membuat rambut lebih halus, lembut, dan tidak kaku. Lalu, jojoba oil membantu rambut agar tidak kering. 

Minyak ini dapat membuat rambut lebih berkilau serta mencegah rambut patah dan rontok. “Chia seed oil dapat membuat rambut lebih kuat, tebal, dan tidak kering. Minyak ini juga kaya antioksidan yang mencegah pengaruh negatif dari polusi,” ujar Christina.

Sementara itu, brazil nut oil dapat membantu mencegah rambut patah dan membuat rambut berkilau. Sedangkan, tea tree oil menjadi antibakteri dan bisa mencegah ketombe. Minyak ini memiliki bau yang cukup kuat dan signifikan. “Kemudian, macadamia nut oil bagus untuk memperbaiki kondisi rambut dengan menambahkan kilau dan memperkuat batang rambut,” ujar Christina.

Terinspirasi dari banyaknya manfaat yang dimiliki minyak alami untuk perawatan rambut, TRESemmé merilis rangkaian sampo dan kondisioner terbaru bernama New TRESemmé Hair Care Collection. Koleksi produk ini terdiri dari empat varian baru.

Sumber : SindoNews